Terbit: 6 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Menikah dan memiliki karier yang baik tentu merupakan impian bagi banyak wanita. Namun, kadang beberapa pasangan merasa kebahagiaan tersebut belum lengkap tanpa kehadiran anak. Sering kali wanita karier harus berjuang lebih keras untuk bisa mendapatkan keturunan karena kesibukan sehari-hari.

Tips Bagi Wanita yang Sibuk Bekerja Agar Cepat Hamil

Bagi Anda wanita sibuk yang sedang berusaha mendapatkan keturunan, berikut ini tips agar cepat hamil bagi wanita karier seperti dilasir dari laman parents:

1. Jaga pola makan sehat
Sibuk bukan berarti tidak menjaga pola makan yang sehat. Sering kali di tengah padatnya kesibukan atau di tengah perjalanan dinas, Anda memilih untuk menyantap makanan cepat saji untuk mengusir rasa lapar. Padahal makanan saji dikenal minim nutrisi dan berisiko buruk bagi kesehatan.

Bagi Anda yang sedang merencakan kehamilan secara alami, sebaiknya banyak mengonsumsi makanan sehat yang mengandung asam folat dan vitamin B seperti sereal atau telur. Jika Anda sering dikejar-kejar waktu, Anda bisa menyiapkan camilan sehat dan praktis seperti sandwich atau roti gandum.

2. Olahraga
Anda mungkin merasa sulit berolahraga karena tidak punya waktu. Sebenarnya, Anda bisa melakukan olahraga ringan di sela-sela kegiatan kantor. Anda bisa memilih naik turun tangga daripada naik lift, memilih makan siang di luar kantor yang bisa dijangkau dengan jalan kaki agar Anda punya alasan untuk jalan kaki. Olahraga lain yang bisa Anda lakukan di rumah adalah jalan pagi di sekitar rumah sebelum berangkat ke kantor selama 15-30 menit.

3. Kurangi kafein dan alkohol
Sebuah penelitian di Harvard University menyebutkan bahwa meminum satu hingga dua gelas alkohol atau beberapa cangkir kopi dan teh dapat berpengaruh pada masalah ovulasi.

Jika Anda harus bergadang untuk menyelesaikan pekerjaan, Anda bisa mengonsumsi buah segar atau yogurt untuk mengusir rasa kantuk. Jika rasa kantuk tidak tertahankan, lakukan tidur singkat selama 15-30 menit agar badan menjadi lebih segar. Berjalan kaki sebentar, minum air putih dan cuci muka dapat membantu menghilangkan rasa kantuk.

4. Sempatkan untuk berhubungan seks
Salah satu hal yang penting namun sering dilupakan para pasangan adalah melakukan hubungan seks itu sendiri. Kesibukan di kantor membuat Anda lelah sehingga Anda dan pasangan sering kali memilih untuk segera tidur daripada berhubungan seks. Tuntutan pekerjaan di kantor kadang membuat hasrat seksual Anda menurun.

Meski melelahkan, namun jika Anda memang berencana untuk segera memiliki anak maka kebiasaan ini perlu Anda ubah. Sempatkanlah untuk melakukan hubungan seks setidaknya sekali dalam seminggu.

Gunakan waktu akhir pekan sebagai quality time berdua bersama pasangan. Dengan begitu Anda akan terhindar dari stres dan meningkatkan kemungkinan untuk hamil.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi