Terbit: 10 April 2018 | Diperbarui: 21 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kebutuhan gizi ibu hamil umumnya meningkat, begitu pun dengan kebutuhan lemaknya. Jika kita kerap beranggapan bahwa lemak adalah zat gizi yang perlu dibatasi, lalu perlukah ibu hamil memilih produk makanan yang rendah lemak?

Perlukah Bumil Memilih Produk Rendah Lemak?

Pola makan yang tidak seimbang bisa menyebabkan asupan lemak dalam tubuh berlebihan. Maka dari itu, kita tentu sering mendengar, bahwa pemilihan produk makanan yang sehat adalah produk yang rendah lemak. Hal ini tentu bertujuan agar asupan lemak dalam tubuh tidak berlebihan. Namun, bagaimanakah dengan ibu hamil?

Kebutuhan harian lemak ibu hamil berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013 bertambah sebesar 10-13 gram. Meskipun kebutuhan lemaknya bertambah, namun bukan berarti ibu hamil bisa asal menentukan asupan lemak untuk tubuhnya lo.

Berbagai asosiasi kesehatan dunia menganjurkan pola makan sehat untuk ibu hamil. Umumnya pilihan makanan yang bergizi dan bervariasi menjadi fokus utama. Hal ini juga akan mendukung asupan tambahan harian lemak yang baik.

Beberapa poin yang bisa di perhatikan dalam pemilihan produk yang mengandung lemak untuk ibu hamil adalah:

– Produk rendah lemak tetap dianjurkan

US Departement of Agriculture menganjurkan ibu hamil mengonsumsi produk makanan kemasan yang rendah lemak. Baik camilan, susu, yoghurt atau keju. Hal ini bertujuan untuk mengontrol asupan lemak ibu hamil tidak berlebihan, jika lemak dari bahan makanan segar lainnya sudah tercukupi.

– Asupan lemak tambahan diperoleh dari asupan makanan harian

Kebutuhan zat gizi ibu hamil, selain lemak, juga meningkat. Menurut Health Direct Australia asupan lemak tambahan harian ibu hamil bisa diperoleh dari pemilihan makanan segar yang tinggi lemak baik. Misalnya lemak dari ikan. Hal ini tentu akan mendukung asupan protein, omega 3 dan lemak baik untuk tubuh lebih optimal dibandingkan dengan asupan lemak dari bahan makanan kemasan.

Jadi, ibu hamil dianjurkan untuk tetap memilih makanan kemasan yang rendah lemak, namun harus diiringi dengan asupan lemak baik dari bahan makanan segar ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi