Terbit: 7 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Setelah bayi lahir, Ibu dapat melakukan tugas utamanya, yaitu menyusui. Menyusui di awal kelahiran bayi sangat penting bagi kesehatan bayi karena ASI banyak mengandung kolostrum yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sebenarnya apa itu kolostrum dan apa manfaatnya?

Pentingnya Kolostrum Bagi Bayi yang Baru Lahir

Kolostrum adalah cairan bening kekuningan pekat yang biasanya keluar pertama kali sebelum ASI keluar. Pada beberapa ibu yang mengalami ASI keluar saat kehamilan, tak perlu khawatir kolostrumnya terbuang karena kolostrum baru mulai diproduksi sesaat setelah bayi lahir. Kolostrum umumnya tidak hanya dihasilkan saat pertama kali menyusui, namun juga hingga 36 jam setelah melahirkan.

Dilansir dari laman parenting, kolostrum juga dapat berfungsi sebagai pencahar alami untuk bayi. Saat bayi baru lahir ia akan membuang semua makanan yang didapat saat hamil melalui mekonium, tinja pertama yang dikeluarkan oleh bayi.

Kolostrum pada bayi berfungsi menghilangkan bilirubin yang tertahan di mekonium sehingga perlahan-lahan mekonium habis dan berubah menjadi tinja normal. Proses menghilangkan bilirubin ini juga penting untuk mencegah penyakit kuning.

Manfaat lain dari kolostrum adalah mengaktivasi sistem kekebalan tubuh bayi. Kolostrum mengandung beberapa protein yang berfungsi untuk mencegah dan menetralisir bakteri, virus, jamur dan parasit yang berfungsi untuk melapisi saluran cerna bayi dan menjaga kekebalan tubuh bayi.

Kolostrum juga mengandung lemak yang dibutuhkan untuk pembentukan otak dan mendukung perkembangan usus yang belum matang. Kandungan vitamin A pada kolostrum juga dapat membantu mengurangi infeksi pada bayi.

Idealnya kolostrum segera diproduksi segera atau beebrapa jam setelah bayi lahir. Namun ada kalanya ibu atau bayi harus menjalani perawatan setelah kelahiran sehingga bayi tidak dapat langsung menerima kolostrum atau ASI. Jika mengalami kondisi ini dapat disiasati dengan melakukan pemerahan sebelum melahirkan.

Beberapa kondisi yang memerlukan pemerahan kolostrum sebelum persalinan antara lain jika ibu melahirkan melalui operasi caesar datau lahir prematur, ibu menderita diabetes selama proses kehamilan, atau ketika ibu sebelumnya pernah menjalankan operasi payudara, dan jika bayi lahir kembar.

Begitu pentingnya kolostrum bagi bayi, sebaiknya ibu memastikan anak mendapat kolostrum saat anak pertama kali menyusu. Jika tidak mendapat kolostrum, kekebalan anak tidak akan sebaik anak yang mendapat kolostrum.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi