Terbit: 22 Februari 2018 | Diperbarui: 5 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Cukup sering kita dengar bahwa ibu hamil perlu meminuman tablet minyak omega-3 saat hamil. Omega-3 disebut-sebut baik akan membuat anak lebih pintar di masa pertumbuhannya. Sehingga ibu hamil perlu mengonsumsi tablet omega-3 selama kehamilan agar anak menjadi pintar. Benarkah demikian?

Omega-3 Saat Hamil, Perlukah?

Omega-3 merupakan suatu asam lemak DHA (Asam dokosaheksnoat) dan AA (arakidonat). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan omega-3 dapat memengaruhi sistem saraf pusat manusia. Omega-3 juga dianggap sebagai salah satu zat gizi yang berfungsi sebagai lemak baik. Sehingga juga kerap dikonsumsi untuk banyak kondisi kesehatan lain yang terkait dengan profil lemak tubuh. Asupan omega-3 yang memberikan berbagai manfaat tentu juga ingin dirasakan oleh ibu hamil untuk kesehatan kehamilan dan janinnya.

Manfaat omega-3 bagi kecerdasaan anak diteliti oleha suatu penelitian yang dilakukan American Academy of Pediatrics. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa suplementasi asam lemak omega-3 selama kehamilan dan masa menyusui terbukti meningkatkan kecerdasan anak pada usia 4 tahun. Sehingga asupan omega-3 memang terbukti dalam memengaruhi kecerdasan anak. Jika ibu hamil ingin mengonsumsi tablet omega-3 ada baiknya ibu menemui tenaga kesehatan terkait untuk berkonsultasi terkait dosis dan kebutuhannya.

Selain dari tablet, omega-3 juga dapat kita peroleh dari bahan makanan sehari-hari. DHA yang merupakan bagian dari omega-3 dapat kita peroleh pada ikan yang berlemak. Sehingga dengan mengonsumsi ikan yang tepat maka ibu hamil dapat memperoleh asupan omega-3 selama kehamilan. Beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan omega-3 adalah ikan tuna dan salmon. Morris Jacqueline, pakar nutrisi di New York menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi ikan paling tidak 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat dari asupan omega-3 yang ada pada ikan.

Asupan omega-3 selama kehamilan akan mendukung kecerdasan anak di masa pertumbuhan. Namun, asupan omega-3 tidak selalu harus diperoleh dari tablet tambahan karena omega-3 dapat diperoleh ibu hamil dari asupan ikan dengan jenis dan porsi yang tepat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi