Terbit: 25 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com Pada kondisi normal, semua orang dari berbagai kelompok umur sangat membutuhkan asupan air minum yang cukup untuk memenuhi kebutuhan metabolisme dasar tubuh. Kondisi ini akan lebih bertambah kebutuhannya pada kondisi tertentu seperti ibu hamil. Pada kondisi normal orang dewasa membutuhkan 1,5 liter air atau 8 gelas, sedangkan berdasarkan Kementerian Kesehatan RI ibu hamil membutuhkan peningkatan asupan air sebanyak 2-3 liter atau menjadi 8-12 gelas sehari.

Ini Lho Cara Agar Ibu Hamil Banyak Minum

Peningkatan kebutuhan minum air ibu hamil diperlukan karena air, utamanya air putih, dibutuhkan ibu untuk mengatur kondisi kesehatan ibu yaitu pada pencernaan, volume darah dan suhu tubuh ibu. Asupan air yang cukup pada ibu hamil juga mendukung kondisi tumbuh kembang janin yang baik.

Pemenuhan kebutuhan ibu hamil ini umumnya tidak mudah dilakukan karena ibu hamil tentu perlu membiasakan diri untuk minum hingga empat gelas lebih banyak dari biasanya. Pada saat ibu hamil mengalami mual biasanya meminum sesuatu meskipun hanya air dapat menimbulkan rasa mual semakin terasa. Beberapa cara yang dapat dilakukan agar ibu hamil dapat lebih banyak minum:

    • Minum lebih sering

Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan asupan cairannya, dengan minum lebih sering maka asupan air putih akan lebih banyak. Agar minum lebih sering dapat dilakukan dengan:
– Menyediakan minum di banyak tempat yang mudah dijangkau dan merupakan ibu berhenti atau diam pada beberapa waktu yang lama. Misalnya di kamar tidur, kendaraan, meja kerja, dapur, atau ruang bersantai. Ibu akan lebih mudah menjangkau minum dan asupan minum jadi lebih banyak
– Membiasakan untuk minum paling tidak satu gelas air setiap 1-2 jam.

    • Memberikan perasa pada air minum

Agar ibu tidak merasa mual saat minum banyak air putih dapat ditambahkan perasa seperti sedikit madu atau beberapa potongan buah segar (seperti infuse water)

    • Mengonsumsi buah yang mengandung banyak cairan

Meskipun tidak dihitung dalam asupan air putih, cairan yang terdapat pada buah dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu hamil. Apabila asupan dari air putih masih sulit terpenuhi ibu dapat mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka, melon atau ketimun. Namun sebaiknya ibu tetap membiasakan diri untuk mencukupi kebutuhan air putihnya.

Beberapa cara diatas dapat digunakan untuk ibu hamil agar dapat membiasakan diri untuk minum air putih yang cukup. Dengan minum air putih yang cukup tidak hanya kesehatan ibu hamil terjaga, tapi kesehatan janin juga ikut terdukung.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi