Terbit: 21 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat memasuki masa kehamilan tentu kita semua ingin agar selama kehamilan baik untuk ibu dan janin dapat berjalan dengan baik. Agar selama kehamilan ibu dan janin tetap sehat asupan makanan untuk ibu dan janin sangat kita perhatikan. Makanan ibu hamil menjadi lebih banyak baik dari jumlah porsi dan pilihan jenis makanannya. Umumnya kita beranggapan bahwa ibu hamil adalah perlu minum susu agar asupan makannya lebih banyak, apakah benar demikian?

Ini Lho Alasan Ibu Hamil Disarankan Minum Susu

Susu merupakan sumber makanan protein yang terkenal dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi. Pada satu gelas (200 ml atau kurang lebih satu gelas belimbing) susu sapi segar terdapat 230 mg kalsium. Saat hamil kebutuhan kalsium ibu bertambah 200 mg setiap harinya. Jadi dengan mengonsumsi susu, kebutuhan tambahan kalsium pada ibu hamil dapat dipenuhi. Selain itu konsistensi susu yang cair akan memudahkan ibu dalam memenuhi kebutuhan kalsiumnya selama hamil.

Saat hamil hampir seluruh kebutuhan energi, zat gizi, vitamin dan mineral ibu meningkat. Zat gizi tersebut digunakan tubuh untuk kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. Salah satu jenis zat gizi tersebut adalah kalsium. Kalsium adalah salah satu dari lima jenis mineral yang disebutkan oleh Kementerian Kesehatan RI harus terpenuhi kebutuhannya saat hamil. Saat hamil kebutuhan kalsium ibu bertambah menjadi 200 mg setiap harinya. Kebutuhan kalsium harus dipenuhi karena baik ibu dan janin membutuhkan kalsium untuk:

  • Menggantikan cadangan kalsium ibu

Saat hamil kalsium yang ada pada tubuh ibu digunakan untuk membentuk jaringan baru pada janin. Sehingga kalsium ibu harus tetap terpenuhi.

  • Mencegah ibu mengalami pengeroposan tulang dan gigi

Berkaitan dengan poin sebelumnya, apabila cadangan kalsium ibu tidak terpenuhi selama masa kehamilan maka ibu akan beresiko mengalami keropos pada tulang dan gigi.

  • Mencegah resiko komplikasi

Asupan kalsium yang tidak terpenuhi akan menyebabkan ibu mengalami pre-eklampsia atau keracunan kehamilan.

Dengan mengonsumsi susu saat hamil ibu dapat memenuhi kebutuhan kalsium hariannya. Jadi dengan minum susu, bukan hanya proses tumbuh kembang janin optimal, ibu juga akan semakin sehat ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi