Terbit: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat hamil, Anda tidak disarankan untuk minum obat sembarangan. Sebuah studi terkini menyebutkan bahwa mengkonsumsi asetaminofen saat hamil dapat memicu gangguan perkembangan bahasa pada bayi perempuan. Asetaminofen merupakan obat pereda nyeri dan demam yang sering juga dikenal sebagai parasetamol.

Ini Efek Minum Asetaminofen saat Hamil pada Bayi Perempuan

Dalam penelitian yang diterbitkan online di European Psychiatry disebutkan bahwa konsumsi parasetamol dapat berisiko memperlambat kemampuan bayi belajar bicara pada usia anak 30 bulan. Penelitian ini mengumpulkan data dari 754 ibu hamil dengan usia kehamilan 8-13 minggu.

Peneliti meminta peserta mencatat jumlah tablet asetaminofen yang mereka konsumsi selama hamil dan mulai ikut penelitian. Kemudian peneliti mengukur kemampuan berbicara anak dengan tolok ukur jumlah kosa kata yang dikeluarkan anak hingga pada usia anak 30 bulan.

Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa anak perempuan yang lahir dari ibu dengan paparan asetaminofen yang tinggi pada masa kehamilan mengalami keterlambatan bahasa dari anak perempuan yang lahir dari ibu hamil yang tidak mengonsumsi asetaminofen. Hasil ini dianggap konsisten dengan penelitian yang menyebutkan penurunan IQ dan meningkatnya masalah komunikasi pada anak yang lahir dari ibu yang sering mengonsumsi asetaminofen saat hamil.

“Mengingat penggunaan asetaminofen saat hamil berpengaruh pada perkembangan bahasa, kami menyarankan wanita hamil harus membatasi penggunaan analgesik selama kehamilan,” jelas Shanna Swan, PhD, Profesor Lingkungan dan KEsehatan Masyarakat di Icahn School of Medicine di Gunung Sinai, dikutip dari laman science daily.

Karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memeriksakan diri ke dokter ketika mengalami keluhan atau gejala tertentu. Hindari mengonsumsi obat secara sembarangan tanpa berkonsultasi ke dokter. Saat konsultasi, Anda mungkin akan direkomendasikan jenis obat yang lebih aman untuk mengatasi keluhan yang Anda alami.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi