Terbit: 22 Februari 2018 | Diperbarui: 23 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat hamil hampir seluruh kebutuhan zat gizi ibu meningkat. Peningkatan kebutuhan zat gizi ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin serta mendukung kesehatan ibu, baik untuk persiapan melahirkan dan setelah melahirkan. Maka dari itu asupan makanan dan pemilihan bahan makanan harus dilakukan dengan tepat agar makanan yang di makan oleh ibu hamil dapat memenuhi kebutuhaan baik dari segi jumlah dan jenis zat gizi-nya.

Ini Dia 5 Zat Gizi yang Penting untuk Ibu Hamil

Dari berbagai jenis zat gizi yaitu zat gizi makro (karbohidrat, protein, mineral dan serat), vitamin dan mineral atau zat fitokimia lainnya. Ada lima jenis zat gizi mineral yang mendapat perhatian khusus oleh Kementerian Kesehatan RI. Pemenuhan kebutuhan kelima zat gizi ini secara tidak langsung memengaruhi lahirnya generasi anak Indonesia yang sehat dan cukup gizi. Hal ini dikarenakan asupan kelima zat gizi ini tidak hanya memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin saat dikandungan namun, juga akan mendukung anak lahir sehat dan tumbuh kembang selanjutnya optimal.

Zat gizi ini harus dipenuhi kebutuhannya karena merupakan bahan baku pembentukan bagian dan organ vital janin. Apabila kebutuhan zat gizi ini tidak dipenuhi maka baik ibu dan janin akan mengalami kekurangan dan hal ini akan menyebabkan kesehatan ibu dan pembentukan janin akan terganggu. Kelima zat gizi tersebut adalah:

  • Zat besi
  • Asam folat
  • Iodium
  • Kalsium, dan
  • Zinc

Zat gizi tersebut memiliki fungsi yaitu, secara berurutan, sebagai pembawa zat gizi dari ibu untuk janin, pembentuk otak janin, pendukung kepintaran janin, pencegah pengeroposan tulang dan gigi ibu serta pembentuk saraf janin.

Kelima fungsi tersebut merupakan fungsi vital yang harus dipenuhi kebutuhannya oleh ibu saat hamil. Dengan mengetahui zat gizi yang penting saat hamil, kini kita dapat melakukan pemilihan jenis makanan yang tepat sehingga kebutuhan zat gizi tersebut mampu mendukung kesehatan ibu dan bayi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi