Terbit: 24 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com Pada saat hamil biasanya ibu sering merasakan gangguan nafsu makan. Kondisi ini juga diiringi dengan semakin sensitifnya indra pembau atau perasa ibu. Umumnya ibu akan menghindari makanan yang berbau tajam atau yang menurutnya akan menimbulkan rasa mual.

Ini Alasan Ibu Hamil Tidak boleh Makan Makanan yang Terlalu Asin

Beberapa hal yang sering dilakukan untuk mengurangi gangguan nafsu makan berupa rasa mual adalah dengan mengonsumsi makanan yang terasa gurih. Hal ini biasanya efektif untuk menghilangkan mual. Namun umumnya makanan yang gurih utamanya makanan-makanan kemasan mengandung banyak garam atau natrium. Hal ini perlu mendapatkan perhatian karena pada ibu hamil sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi garam atau makanan yang asin.

Makanan yang asin dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini terjadi karena garam akan menyerap kandungan air sehingga asupan garam yang berlebihan akan meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi atau hipertensi tidak baik untuk kondisi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Kementerian Kesehatan RI menganjurkan agar ibu hamil tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang asin agar tekanan darahnya lebih terjaga. Hal ini akan mendukung kesehatan ibu dan janin. Apabila tekanan darah ibu hamil terjaga maka akan menurunkan resiko kehilangan nyawa bayi, plasenta bayi akan lebih baik dan tumbuh kembang bayi juga akan optimal. Selain itu kondisi tekanan darah yang baik juga mendukung kondisi kesehatan fisik ibu lebih prima selama kehamilan.

Saat hamil kebutuhan natrium (yang biasa kita peroleh dari garam dapur) ibu tidak meningkat. Sehingga tidak diperlukan penambahan asupan natrium dari bahan makanan lain. Umumnya asupan kebutuhan natrium ibu hamil sudah tercukupi dari penggunaan garam dalam masakan selama satu hari (dengan asumsi ibu hamil makan besar sebanyak 3x).

Ibu hamil sebaiknya membatasi makanan yang asin selama masa kehamilan karena kebutuhannya sudah terpenuhi dari garam pada masakan. Jadi cukup masakan saja yang terasa asin ya, jajanan atu cemilan ibu hamil sebaiknya jangan terlalu asin.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi