Terbit: 24 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Asupan zat gizi pada ibu hamil tentu merupakan hal penting bagi kesehatan ibu dan janin. Ibu tentu sangat memerhatikan asupan zat gizinya agar dapat memenuhi kebutuhan gizinya selama kehamian. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat memengaruhi asupan zat gizi ibu dapat terganggu selama kehamilan.

Ini 5 Kondisi yang Menyebabkan Asupan Zat Gizi Ibu Hamil Terganggu

Beberapa kondisi ibu yang dapat menganggu asupan zat gizi ini disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kondisi medis dari diri ibu atau adanya kebiasaan yang dapat dihindari. Beberapa kondisi tersebut adalah:

    • Ibu dengan kondisi tubuh kurus

Kondisi tubuh ibu yang kurus atau IMT yang sangat kurang dapat menganggu karena asupan zat gizi cenderung kurang sejak awal kehamilan. Hal ini dikarenakan aliran darah plasenta dan ukuran plasenta yang kecil dapat menyebabkan penurunan penyerapan zat gizi oleh janin. Maka dari itu ibu perlu menyiapkan diri dengan mengoptimalkan status gizi sejak sebelum kehamilan.

    • Ibu mengalami alergi makanan

Alergi makanan dapat menganggu jika ibu alergi pada bahan makanan yang kaya akan zat gizi untuk kehamilan. Maka dari itu ibu perlu mencari bahan makanan pengganti yang tepat sehingga asupan zat gizi dari bahan makanan yang membuat ibu alergi tetap dapat terpenuhi.

    • Ibu merokok

Merokok pada kondisi tidak hamil menyebabkan terjadinya gangguan penyerapan vitamin seperti vitamin C. Ibu hamil yang merokok akan meningkatkan resiko penyerapan zat gizi tidak sempurna dan merokok terbukti menganggu pertumbuhan dan perkembangan janin. Penelitian yang dilakukan American Heart Association menunjukkan bahwa bayi yang ibunya merokok pada awal kehamilan berpotenis mengalami penyakit jantung bawaan dan meningkatkan resiko penyakit kanker di 7 tahun pertama kehidupan anak.

    • Penggunaan alkohol dan atau obat terlarang

Hampir mirip dengan rokok, alkohol dan obat terlarang (narkotika) menganggu penyerapan zat gizi dan terbukti menganggu kondisi kesehatan janin dengan meningkatkan resiko kelainan pada otot abdomen bayi dan gangguan pertumbuhan serta mental.

    • Ibu depresi

Studi di Amerika menunjukkan 1 dari 20 ibu hamil mengalami depresi dan menyebabkan asupan makanan tidak terpenuhi sehingga zat gizi janin tidak dapat tercukupi.

Kondisi diatas tentu dapat menganggu kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. Maka dari itu sebisa mungkin ibu mencegah dan menghindari hal di atas agar kesehatan kehamilan semakin baik.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi