Terbit: 22 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat hamil tentu sudah menjadi hal yang umum jika ibu mengalami banyak keluhan akibat perubahan atau adaptasi tubuhnya. Beberapa keluhan atas kondisi itu tentu menganggu ibu hamil dan jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan kesehatan kehamilannya terganggu.

Ini 4 Keluhan yang Sering Dialami Ibu Hamil dan Makanan yang dapat Mengatasinya

Beberapa keluhan dapat diatasi dengan melakukan pemilihan jenis makananan atau cara makan yang tepat. Dengan mengetahui hal ini ibu dapat menentukan makanan apa yang harus dikonsumsi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat menganggu kehamilannya. Empat keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil dan makanan yang dapat mengatasinya adalah:

    • Mual dan muntah

Perubahan sistem dalam tubuh ibu dapat menimbulkan keluhan mual dan muntah utamanya saat awal kehamilan. Untuk mencegah terjadinya mual dan muntah ibu dapat memilih bahan makanan yang kering seperti biskuit atau roti panggang. Selain itu pakar kesehatan dan nutrisi menyebutkan bahwa minuman atau olahan dari jahe dapat mengurangi rasa mual dan muntah.

    • Sembelit

Sembelit cukup sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Untuk mencegah terjadinya sembelit ibu sebaiknya selalu memenuhi kebutuhan serat dari asupan buah dan sayur serta memenuhi kebutuhan cairan dari asupan air putih.

    • Nyeri ulu hati

Nyeri ulu hati atau disebut GERD (penyakit Refluks Gastroesofagus) yang menyebabkan adanya rasa iritasi pada pencernaan hingga kerongkongan. Pada kondisi ini sebaiknya ibu makan dalam porsi kecil namun sering dan usahakan tidak langsung berbaring setelah makan. Beri jeda 1-2 jam untuk duduk terlebih dahulu sebelum berbaring.

    • Preeklamsia

Kondisi ini disebabkan ibu mengalami hipertensi saat kehamian. Maka dari itu sebisa mungkin ibu menghindari makanan yang terlalu asin atau mengandung banyak natrium. Penggunaan garam dapur diperhatikan jumlahnya dan menghindari mengonsumsi kopi berlebihan.

Dengan mengetahui makanan yang dapat mencegah terjadinya kondisi yang menimbulkan keluhan ibu, maka ibu dapat mengurangi resiko terjadinya keluhan tersebut sehingga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan akan lebih terjaga.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi