Terbit: 26 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Ada sebuah mitos yang menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak makan buah nangka karena bisa membahayakan kondisi kehamilan. Apakah hal ini benar adanya?

Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Nangka?

Pakar kesehatan dr. Devika Y menyebutkan bahwa buah nangka termasuk dalam makanan yang lezat dan kaya akan kandungan gizi. Sebagai contoh, kita bisa menemukan kandungan seperti asam folat, vitamin A, vitamin C, niasin, riboflavin, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, zinc, fosvor, tiamin, dan berbagai mineral lainnya. Kelebihan lain yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah nangka adalah buah ini memiliki kandungan sodium, kolesterol, serta lemak jenuh yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Untuk mitos yang menyebutkan bahwa buah nangka berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil, dr. Yerika menyebut hal ini tidak benar adanya. Hingga saat ini, belum ada satu pun penelitian yang membuktikan bahwa buah nangka bisa memberikan dampak buruk bagi kehamilan. Jikalau ada orang yang merasakan sensasi panas pada perut setelah mengkonsumsinya, hal ini ternyata disebabkan oleh nangka yang memiliki kandungan gas cukup tinggi.

Hanya saja, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsi buah nangka dalam jumlah yang berlebihan karena bisa memberikan efek samping layaknya perut kembung, maag, hingga meningkatnya asam lambung. Padahal, ibu hamil cenderung rentan mengalami peningkatan asam lambung yang tentu akan membuat badannya merasa tidak nyaman. Karena alasan inilah banyak ibu hamil cenderung menghindari konsumsi buah ini.

Melihat adanya fakta ini, buah nangka aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil meskipun memang sebaiknya mereka tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan. Jika ibu hamil mengeluhkan masalah seperti perut yang terasa perih atau mual-mual setelah mengkonsumsinya, segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mendapatkan solusi medis yang terbaik.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi