Terbit: 20 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Makanan yang dimakan ibu saat hamil sangat penting untuk menentukan asupan zat gizi bagi janin dan bagi ibu sendiri. Asupan zat gizi janin tentu baru akan tercukupi apabila kondisi ibu juga terpenuhi zat gizinya. Sehingga ibu hamil perlu memerhatikan makanan apa yang penting untuk ibu saat sedang hamil sehingga mendukung asupan zat gizi yang cukup dan kondisi ibu yang sehat. Biasanya kita sering beranggapan bahwa saat hamil, ibu harus makan banyak. Namun sebenarnya ada beberapa jenis golongan makanan penting yang harus dikonsumsi ibu saat hamil untuk mendukung kesehatannya.

Ibu Hamil Perlu Perhatikan Makanan Ini Agar Kehamilan Selalu Sehat

Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan total energinya dan memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Makanan yang dipilih ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi makro yaitu karbohidrat, protein dan lemak serta kebutuhan gizi mikro yaitu vitamin dan mineral. Berdasarakan Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan zat gizi makro yang perlu diperhatikan pemenuhannya pada ibu hamil yaitu:

    • Protein

Kebutuhan protein ibu selama hamil meningkat sebanyak 20 gram setiap harinya (3-4 porsi makanan berprotein). Protein merupakan bahan baku untuk pertumbuhan janin, mempertahankan kesehatan ibu dan untuk cadangan kebutuhan energi baik saat melahirkan dan masa menyusui. Kebutuhan protein ibu sebaiknya diperoleh dari makanan berprotein hewani seperti ikan, susu dan telur.

    • Serat

Kebutuhan serat ibu mendapat tambahahan 3-4 gram setiap hari (1-2 buah utuh misalnya apel). Serat penting ntuk melancarkan buang air besar dan mengurangi resiko susah buang air besar sehingga pencernaan ibu hamil lebih lancar dan tidak menganggu kehamilan. Serat yang tinggi diperoleh dari sayur dan buah. Kebutuhan serat ibu sangat baik jika diperoleh dari buah yang berwarna merah-oranye karena memiliki banyak kandungan vitamin yang juga dibutuhkan ibu selama kehamilan.

Pemenuhan kebutuhan protein dan serat pada ibu hamil akan mendukung kesehatan ibu hamil yang baik. Dengan pemenuhan kebutuhan keduanya tidak hanya ibu yang sehat namun janin juga akan mengalami tumbuh kembang dengan baik pula.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi