Terbit: 26 Februari 2018 | Diperbarui: 3 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Mandi bisa jadi salah satu kegiatan relaksasi saat hamil. Setelah beraktivitas seharian, tentu Anda ingin menyegarkan badan dengan mandi. Dengan tubuh yang bersih, mood Anda akan menjadi lebih baik dan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Saat Anda sudah merasa gerah dan tidak sabar untuk segera mandi, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut sebelum mandi.

Bumil, Perhatikan Beberapa Hal Ini Saat Mandi

1. Waspada lantai kamar mandi terlalu licin
Berhati-hatilah pada lantai kamar mandi yang basah. Lantai yang licin dapat membuat Anda terjatuh dan hal ini dapat berbahaya bagi kondisi janin Anda. Sebaiknya minta bantuan orang lain untuk mengondisikan kamar mandi agar tidak terlalu licin. Jika Anda sedang berada di kamar mandi umum, Anda bisa minta bantuan orang lain untuk mengantarkan Anda keluar masuk kamar mandi.

2. Perhatikan keseimbangan Anda
Jika Anda menggunakan bak mandi untuk berendam, sebaiknya jaga keseimbangan Anda saat akan masuk dan keluar bak mandi. Gunakan tumpuan dua tangan atau minta bantuan orang lain atau pasangan Anda untuk masuk atau keluar bak mandi. Pastikan orang yang membantu Anda menemani Anda sampai Anda benar-benar duduk di bak mandi, atau kedua kaki Anda berpijak di lantai saat keluar. Satu hal yang tak kalah penting, letakkan semua yang Anda butuhkan berada dalam jangkauan Anda.

3. Perhatikan suhu air mandi
Anda lebih suka mandi dengan air dingin atau air hangat? Mandi dengan air hangat memang menyegarkan dan membuat badan lebih rileks. Namun mandi dengan air hangat memiliki risiko membuat pembuluh darah wanita jadi lebih lebar sehingga peredaran darah menuju janin dapat berkurang. Selain itu mandi air hangat juga dapat membuat Anda merasa pusing. Sebaiknya gunakan air hangat yang tidak terlalu panas dan jangan mandi terlalu lama, cukup 10-20 menit.

4. Jangan membungkuk saat keramas
Ketika kehamilan Anda semakin besar, Anda mungkin akan sering pusing jika sering membungkuk. Karena itu sebaiknya hindari membungkuk saat keramas. Jika Anda pusing, Anda akan mudah kehilangan keseimbangan yang berisiko bagi kehamilan Anda.

5. Gunakan produk yang aman bagi ibu hamil
Beberapa zat kimia dalam produk kecantikan dapat berbahaya bagi kehamilan Anda. Pastikan sabun dan sampo yang Anda gunakan terbuat dari bahan yang aman dan mampu melembabkan kulit yang cenderung kering selama hamil.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi