Terbit: 5 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat hamil, wanita harus mengonsumsi makanan terbaik dan penuh nutrisi. Nutrisi bisa didapatkan dari sayur, daging, dan buah-buahan. Sayur yang dianjurkan untuk ibu hamil meliputi sayuran hijau khususnya yang mengandung zat besi seperti bayam. Selanjutnya untuk daging, ibu hamil disarankan mengonsumsi daging tanpa lemak baik itu sapi atau ikan.

Buah Terbaik yang Wajib Dikonsumsi Saat Hamil

Lebih lanjut, wanita hamil juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan terbaik seperti yang terulas di bawah ini.

1. Jeruk
Jeruk memiliki rasa manis dan sedikit asam yang cocok untuk menghilangkan rasa mual saat hamil. Selain itu, kandungan Vitamin C dan asam folat pada jeruk membatu ibu menjaga daya tahan tubuhnya sehingga tidak gampang sakit. Jeruk juga mengandung cukup banyak air dan serat yang baik untuk sistem pencernaan.

2. Alpukat
Alpukat kerap dijauhi oleh ibu hamil karena takut kegemukan dan membuat bayi mengalami gangguan pertumbuhan. Apa yang ditakutkan oleh banyak wanita hamil itu sebenarnya tidak beralasan. Alpukat yang dijauhi itu sebenarnya mengandung banyak asam folat yang baik untuk menunjang perkembangan otak bayi, sumsum tulang belakang, dan mencegah adanya cacat bawaan lahir.

3. Pisang
Pisang adalah sumber karbohidrat yang akan membuat ibu langsung merasa kenyang setelah mengonsumsinya. Buah yang memiliki warna kuning ini juga mengandung kalium yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh. Mengonsumsi pisang setiap hari saat hamil akan membuat Anda lebih bertenaga dan jarang mengalami kram atau kelelahan.

4. Apel
Selama ini kita hanya mengenal apel sebagai sumber Vitamin C. Padahal di dalam apel juga terdapat Vitamin A, D, dan E yang baik untuk tubuh. Apel juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga wanita yang hamil akan jarang sakit. Lebih lanjut, mengonsumsi apel juga membuat bayi yang kelak lahir tidak mudah mengalami alergi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi