Terbit: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bagi Anda wanita penggemar minuman soda yang sedang melaksanakan program hamil, sebaiknya segera mengurangi kegemaran tersebut agar program kehamilan Anda berjalan lancar. Berdasarkan penelitian, soda ternyata dapat menyebabkan gangguan kesuburan tubuh.

Benarkah Minuman Bersoda dapat Menghambat Kesuburan?

Dilansir dari lama science daily, studi yang dilakukan oleh Boston University School of Public Health (BUSPH) menyebutkan bahwa konsumsi satu atau dua lebih minuman bersoda yang dikonsumsi Anda atau pasangan dapat menurunkan kesempatan untuk hamil.

“Kami menemukan hubungan positif antara asupan minuman manis dengan rendahnya kesuburan setelah mengendalikan faktor lainnya seperti obesitas, asupan kafein. alkohol, merokok dan kualitas makanan secara keseluruhan,” jelas Profesor Elizabeth Hatch, pakar epidemiologi yang terlibat dalam penelitian ini.

Profesor Elizabeth Hatch dan timnya mengumpulkan data 3.828 wanita dan pasangan selama rentang waktu 2003-2017. Partisipan diminta mengisi survey tentang makanan yang dikonsumsi setiap hari terutama konsumsi makanan dan minuman bergula seperti soda.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa pria yang minum satu kaleng soda setiap harinya akan mengalami penurunan kesuburan hingga 33%. Sedangkan wanita yang minum satu kaleng soda per hari akan mengalami penurunan kesuburan 25%.

Penelitian lain dari Sao Paulo federal University mengungkapkan fakta lain terkait hubungan antara minuman bersoda dan kesuburan. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa pemanis buatan dan kafein yang ada dalam minuman bersoda dapat menurunkan kualitas sel telur. Pemanis buatan juga dapat berdampak pada kerusakan saat terjadinya pembuahan.

Selain dapat menurunkan kesuburan, ibu hamil juga tidak disarankan minum soda karena dapat meningkatkan risiko preeklamsia. Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda dapat meningkatkan gula darah ibu hamil.

Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan program hamil sebaiknya lebih selektif lagi memilih makanan yang dikonsumsi agar proram hamil Anda berjalan lancar. Sehat selalu ya Sobat!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi