Terbit: 24 Februari 2018 | Diperbarui: 3 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com Pada ibu hamil umumnya hampir semua kebutuhan zat gizinya meningkat. Namun, ibu hamil juga harus mewaspadai beberapa kandungan pada bahan makanan yang harus diatur. Salah satunya asupan bahan makanan yang asin. Makanan yang asin biasanya mengandung banyak natrium (seperti garam atau makanan kemasan). Pada ibu hamil tidak ada penambahan kebutuhan natrium sehingga makanan asin atau yang tinggi natrium perlu diatur agar tidak berlebihan.

Begini Lho Cara Membatasi Makanan Asin pada Ibu Hamil

Natrium umum terdapat pada garam dapur atau makanan kemasan. Bila konsumsi makanan natrium atau garam berlebihan pada ibu hamil, maka hal ini akan menyebabkan hipertensi. Kondisi hipertensi akan membuat ibu hamil tidak dapat beraktivitas dengan baik dan juga akan menganggu tumbuh kembang janin. Maka dari itu asupan makanan yang asin utamanya garam sebaiknya harus diperhatikan.

Makanan yang asin dibatasi dengan melihat Angka Kecukupan Gizi natrium pada ibu hamil. Pada usia 19-29 tahun kebutuhan natrium adalah 1500 mg natrium. Untuk memenuhi angka tersebut dalam satu hari sebaiknya ibu mengonsumsi membatasi makanan asin yang cukup sering kita konsumsi yaitu garam dengan cara:

    • Memerhatikan penggunaan garam dapur pada masakan

Dalam satu hari kebutuhan harian natrium ibu hamil usia 19-29 tahun dapat dipenuhi dari 4-5 gram garam yang setara dengan 1 sendok teh garam. Sehingga dalam satu hari masakan tidak boleh menggunakan lebih dari takaran tersebut untuk ibu hamil.

    • Menggunakan garam secara terpisah/garam meja

Untuk menghindari asupan makanan asin yang berlebihan maka ibu hamil dapat lebih mengatur asupan garam. Caranya dengan tidak menambahkan garam pada masakan. Garam untuk kebutuhan satu hari baru ditambahkan pada makanan saat akan dimakan tentu dengan batas maksimal adalah 1 sendok teh garam untuk semua makanan ibu hamil dalam satu hari.

Pengaturan asupan garam pada ibu hamil akan efektif untuk menguragi terjadinya hipertensi selama kehamilan. Jadi ibu hamil harus mulai mengatur asupan makanan yang asin terutama garam ya


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi