Terbit: 25 Februari 2018 | Diperbarui: 4 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat wanita alami kram pada perut, ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama wanita alami gangguan pada organ usus, hati, atau ginjal. Kedua adalah PMS, wanita yang akan mengalami menstruasi biasanya merasakan sakit pada perut khususnya bagian bawah. Terakhir, wanita juga bisa alami nyeri pada perut saat mereka hamil muda.

Begini Cara Bedakan Anda Sedang PMS atau Hamil Muda

Untuk membedakan apa yang sebenarnya terjadi pada perut khususnya perkara PMS atau sedang hamil muda, simak ulasannya di bawah ini.

Flek atau bercak darah
Saat sedang PMS flek akan muncul sebanyak satu atau dua tetes saja sebelum akhirnya darah menstruasi keluar selama kurang lebih seminggu. Kalau Anda sedang mendapatkan kehamilan, perdarahan akan terjadi lebih banyak meski tidak begitu mengganggu. Perdarahan ringan ini biasanya terjadi saat usia kehamilan 7-10 minggu.

Kram
Saat akan menstruasi atau memasuki PMS, perut akan alami kram meski hanya bertahan selama 1-2 hari saja. Seiring dengan keluarnya darah menstruasi, rasa sakit ini akhirnya hilang dengan sendirinya. Saat sedang hamil, kram yang terjadi pada perut hampir sama dengan PMS. Hanya saja wanita bisa merasakan kondisi ini selama satu minggu bahkan lebih.

Nyeri pada payudara
Saat sedang hamil, wanita akan alami perubahan pada area puting. Area ini menjadi lebih gelap memasuki kehamilan minggu ke-8. Selain perubahan warna, payudara akan menjadi lebih berisi dan sakit saat dipegang.

Saat PMS, dada juga akan alami pembengkakan dan sakitnya cukup kuat. Namun, rasa sakit ini akan hilang seiring dengan berjalannya waktu khususnya setelah siklus menstruasi berakhir.

Perubahan nafsu makan
Saat PMS atau hamil, wanita jadi ingin makan berbagai makam kuliner yang nikmat. Yang membedakan dari dua kondisi ini adalah wanita hamil kerap minta aneh-aneh dan indra perasanya sensitif sehingga kerap alami mual dan muntah.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi