Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 24 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Dalam sebuah hubungan rumah tangga pasti akan lebih lengkap rasanya jika sudah dikaruniai keturunan, yaitu anak. Sebab, dengan hadirnya anak di tengah-tengah keluarga, dipercaya dan diyakini bisa memberikan kebahagiaan baru serta menambah keharmonisan. Namun, sayangnya tidak sedikit pula yang merasa sangat sulit mendapatkan keturunan karena berbagai faktor.

Baguskah Diet untuk Program Kehamilan? Simak Faktanya!

Untuk mengatasi itu, banyak orang yang melakukan berbagai cara, salah satunya adalah diet. Seperti yang Anda ketahui, diet adalah sebuah aktivitas yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Aktivitas itu bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan serta menambah intensitas olahraga menjadi lebih ketat.

Lantas, adakah kaitannya diet dengan program kehamilan seorang wanita?

Dilansir dari laman Dailymail, ada sebuah penelitian yang mengungkap bahwa kesuburan wanita bisa ditingkatkan dengan berdiet serta menjalani pola hidup sehat. Hasil ini didatakan dari survei yang dilakukan kepada wanita bertubuh badan sedikit gemuk. Pasalnya, wanita yang menjaga kesehatan tubuhnya, terutama ukuran berat badan, akan menjadi wanita yang lebih sehat serta memiliki kesuburan baik. Dengan begitu, kemungkinan hamil menjadi berkali lipat lebih besar.

Hal senada juga disampaikan oleh para peneliti di Harvard School of Public Health, yang menuturkan jika wanita berlemak (gemuk) yang berhasil membuang tumpukan lemaknya akan mengalami peningkatan kesuburan yang cukup tinggi. Pada peneliti tersebut mengungkap jika kegemukan dapat mengganggu siklus reproduksi wanita. Dalam hal ini, keseimbangan hormon akan sangat penting sehingga perlu dijaga melalui pola hidup yang sehat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa diet untuk program kehamilan memang baik dan cukup dianjurkan. Anda bisa melakukannya 6 bulan sebelum program hamil ditentukan. Namun, Anda harus tetap memikirkan porsi kesehatan Anda dengan mengimbangi istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang sehat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi