Terbit: 8 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Setelah menjalani operasi caesar, umumnya Anda akan merasakan beberapa gangguan seperti kedinginan atau gemetaran, namun salah satu yang paling mengganggu adalah sembelit. Sembelit setelah melahirkan ini wajar terjadi dan dialami oleh satu dari lima ibu yang mengalami operasi caesar.

Atasi Sembelit Setelah Operasi Caesar Dengan Cara Ini

Sembelit yang terjadi setelah operasi caesar biasanya disebabkan oleh kondisi postoperative ileus, yaitu ketika gerakan saluran pencernaan melambat atau bahkan berhenti sama sekali. Biasanya hal ini terjadi sampai beberapa hari setelah operasi caesar.

Untuk mengatasi sembelit setelah operasi caesar ini sama dengan operasi pada umumnya, yaitu:

Banyak minum air putih dan serat
Memperbanyak air putih dan serat dapat membantu feses menjadi lebih lunak sehingga mudah melewati usus. Minum air minimal 2 liter per hari dan tambahkan buah-buahan atau sayur pada menu makanan Anda sehari-hari untuk membantu mengatasi sembelit.

Olahraga ringan

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kekuatan otot usus dan membantu pergerakannya. Jangan melakukan olahraga berat setelah operasi caesar agar bekas jahitan cepat mengering. Sebagai gantinya, Anda bisa jalan ringan setiap pagi selama 15-30 menit untuk melancarkan peredaran darah.

Kunyah permen karet
Terdengar tidak masuk akal, namun penelitian menyebutkan bahwa mengunyah permen karet bisa membantu mengurangi sembelit. Kegiatan mengunyah tanpa harus menelan sesuatu tetap membuat air liur mengalir di mulut dan mengirim sinyal ke usus bahwa ada makanan yang harus dicerna.

Kunyahlah permen karet selama 30 menit sebanyak 3 kali sehari hingga Anda terasa ingin kentut. Kentut merupakan salah satu tanda bahwa sistem pencernaan Anda sudah kembali normal.

Obat-obatan
Jika ketiga tersebut belum berhasil, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan pencahar atau pelunak tinja. Konsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut, terlebih apabila sembelit terjadi pada waktu yang lama dan diiringi wasir atau gejala lainnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi