Terbit: 4 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat hamil, wanita tidak hanya mengalami perubahan fisik namun juga perubahan emosi. Beberapa ibu hamil jadi lebih mudah marah, tersinggung, mudah menangis atau panik. Umumnya perubahan emosi ini terjadi pada 6-10 minggu pertama kehamilan dan akan kembali normal memasuki trimester kedua.

Atasi Perubahan Mood Ibu Hamil Dengan Cara Ini

Perubahan ini disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron dan estrogen yang dapat memengaruhi kondisi kimiawi otak yang mengatur mood. Selain perubahan hormon, faktor lain yang dapat memengaruhi emosi saat hamil antara lain stres dan kelelahan. Menghadapi perubahan emosi ini tentunya tidak mudah bagi para ibu hamil, namun ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi hal tersebut:

Bicarakan pada orang terdekat
Perubahan emosi saat hamil merupakan hal yang wajar. Bicarakan perasaan Anda pada orang terdekat seperti suami, keluarga atau sahabat tentang perasaan Anda. Bagi suami, hal ini selain dapat membangun ikatan antara Anda dan suami, juga dapat membantu suami untuk mengatasi perubahan emosi Anda.

Alihkan pada kegiatan yang menyenangkan
Saat Anda mulai merasakan perubahan emosi yang negatif dalam diri Anda, sebaiknya alihkan perasaan tersebut pada hal-hal yang Anda sukai. Lakukan hobi Anda, atau me time sejenak untuk membuat diri Anda nyaman.

Relaksasi
Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk relaksasi saat hamil, salah satunya dengan mengikuti yoga khusus ibu hamil. Selain yoga, Anda juga bisa berjalan kaki di sekitar rumah, berenang, atau senam ringan yang aman bagi ibu hamil.

Istirahat
Kelelahan juga bisa menjadi salah satu penyebab perubahan emosi pada ibu hamil. Apalagi jika Anda juga mengalami mual dan muntah saat hamil, tentu hal ini juga menguras tenaga. Jika Anda merasa lelah, maka beristirahatlah. Kondisi fisik yang kurang tidur atau lemas juga dapat memicu suasana hati yang buruk.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi