Terbit: 18 Maret 2018 | Diperbarui: 4 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat kehamilan Anda tentu ingin memastikan bahwa kondisi Anda dan bayi sehat. Salah satu cara untuk memastikan kehamilan Anda sehat adalah dengan melakukan tes urine. Beberapa dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk tes urine setiap kali pemeriksaan kehamilan atau hanya ketika menemukan masalah kesehatan tertentu.

5 Manfaat Melakukan Tes Urine Selama Kehamilan

Perlunya tes urine saat hamil

Ada banyak manfaat dari tes urine yang Anda lakukan saat hamil. Dengan melakukan tes urine, Anda dapat mengetahui kondisi metabolisme Anda selama kehamilan. Dilansir dari babycenter, ini beberapa manfaat melakukan tes urin:

1. Mengetahui kadar gula dalam darah
Saat hamil kadar gula Anda mungkin sedikit di atas normal. Namun jika kadar gula Anda terus meningkat setiap konsultasi ke dokter, maka Anda mungkin menderita diabetes gestasional.

2. Memeriksa kandungan protein
Jika ada kandungan protein berlebih dalam urine Anda, maka hal ini bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih, kerusakan ginjal, atau gejala preeklamsia. Apabila protein pada darah tinggi namun tekanan darah Anda masih normal, sampel urine Anda akan diperiksa untuk memastikan adanya indikasi infeksi saluran kemih atau tidak.

3. Memeriksa kadar ketone
Ketone diproduksi saat tubuh mengolah lemak menjadi energi. Hal ini terjadi ketika tubuh Anda kekurangan karbohidrat. Umumnya kondisi ini diiringi dengan mual, muntah dan berat badan berkurang.

4. Memeriksa infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih merupakan salah satu infeksi yang sering terjadi pada ibu hamil. Jika tedapat bakteri pada urine, maka dokter akan meresepkan antibiotik yang aman bagi ibu hamil. Infeksi saluran kemih umum terjadi selama masa kehamilan karena hormon kehamilan menimbulkan perubahan apda saluran kencung dan membuat Anda rentan untuk terkena infeksi. Jika infeksi ini tidak segera diatasi dapat menimbulkan infeksi pada ginjal dan menyebabkan bayi lahir prematur.

5. Prosedur tes dipstick

Prosedur tes dipstick berguna untuk mendiagnosis infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan evaluasi berbagai jenis penyakit ginjal, dan skrining terhadap status kesehatan umum.

Nah, ternyata cukup penting kan melakukan tes urine selama kehamilan? Semoga kehamilan Anda sehat selalu ya Bunda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi