Terbit: 11 Maret 2018 | Diperbarui: 4 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Menjadi ibu merupakan tanggung jawab yang besar bagi seorang wanita, apalagi jika menjadi ibu di usia muda. Meskipun tidak mudah, namun menjadi ibu di usia awal 20an ternyata memiliki banyak keuntungan. Apa saja?

5 Keuntungan Menjadi Ibu Muda

Manfaat tersembunyi menjadi ibu muda

Menurut BKKBN, usia ideal untuk menikah bagi perempuan Indonesia adalah minimal 21 tahun. Dengan usia tersebut diharapkan saat hamil dan melahirkan para wanita sudah memiliki kematangan fisik dan emosi untuk menjadi ibu.
Menjadi ibu di usia muda memiliki tantangan tersendiri, utamanya dari segi pengembangan diri dalam urusan karir. Meskipun bukan hal yang mudah, namun sebenarnya menjadi ibu muda memiliki banyak keuntungan. Dilansir dari laman mom.me, berikut ini beberapa keuntungan menjadi ibu muda:

1. Selisih umur dengan anak tidak terlalu jauh
Saat anak Anda kelak masuk ke usia remaja, Anda pun masih berada dalam usia yang terbilang muda sehingga mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan anak. Selain itu Anda masih berada dalam usia produktif untuk memenuhi kebutuhan anak.

2. Stamina lebih baik
Memiliki anak di usia muda berarti Anda memiliki stamina yang lebih baik untuk mengurus dan merawat anak. Dengan begitu Anda dapat fokus pada perkembangan anak. Demikian juga dengan orang tua Anda yang memiliki kesempatan untuk bermain bersama anak-anak Anda.

3. Fokus pada anak

Jika teman-teman sebaya Anda mungkin banyak menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dan nongkrong di kafe, Anda tentu punya prioritas berbeda yaitu menjaga kondisi kesehatan kandungan Anda. Ketika si kecil lahir, Anda tentu akan lebih fokus pada perkembangan kesehatan si kecil, Hal ini membuat bonding atau interaksi Anda dan anak akan menjadi lebih kuat.

4. Masih punya waktu untuk berkarir
Siapa bilang menjadi ibu muda tidak bisa berkarir? Tentu ada beberapa penyesuaian namun mengingat usia Anda masih terbilang muda, Anda masih punya banyak waktu untuk mengejar mimpi dan cita-cita Anda yang lain.

5. Menjadi pribadi yang lebih kuat
Menjadi ibu kadang bisa menumbuhkan rasa takut, khawatir, stres dan sebagainya. Setelah menjalaninya, tanpa disadari Anda akan menjadi pribadi yang lebih kuat karena tempaan tersebut.

Bagaimana pendapat Anda, Mom?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi