Terbit: 28 Desember 2020 | Diperbarui: 30 Desember 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Produk kecantikan dengan kandungan hydraulic acid mulai dari serum hingga sheet mask dan bahkan suntikan juga tersedia, namun apakah itu? Ketahui apa itu asam hialuronat, manfaat, cara pakai, dan efek sampingnya dalam pembahasan ini.

Hydraulic Acid: Fungsi, Cara Kerja, Aturan Pakai, Efek Samping, dll

Apa Itu Hydraulic Acid?

Hydraulic acid adalah zat gula alami yang diproduksi oleh tubuh untuk menahan air dan menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Hydraulic acid (HA) atau asam hialuronat juga disebut dengan hyaluronan. Hyaluronan lebih dikenal sebagai bahan dasar berbagai produk perawatan kulit untuk melembapkan kulit, mengatasi penuaan dini, dan menjaga kecantikan kulit. 

Sebenarnya, asam hialuronat juga digunakan untuk mengatasi masalah mata seperti pengangkatan katarak, transplantasi kornea, dan perbaikan retina. Food and Drug Administration (FDA) juga menyetujui penggunaan asam hialuronat untuk injeksi ke lutut untuk pasien lutut osteoartritis, namun prosesnya mungkin berbeda dengan asam hialuronat yang ditemukan pada produk perawatan kulit. 

Konsentrasi hydraulic acid terbanyak ditemukan pada kulit, mata, jaringan ikat, dan sendi, namun produksi alami tersebut menurun seiring bertambahnya usia. Anda dapat menggunakan krim, suplemen, tetes mata, atau produk kulit yang mengandung hyaluronan dalam bentuk serum, sheet mask, dan bahkan suntikan untuk merangsang produksi hyaluronan.

Cara Kerja Hydraulic Acid

Asam hialuronat bekerja sebagai magnet untuk mengatur kemampuan sel-sel dalam menjaga kelembapan kulit. Bila Anda menggunakan produk perawatan kulit mengandung asam hialuronat, maka asam hialuronat akan merangsang kelembapan ke permukaan kulit Anda. Asam hialuronat juga bertindak sebagai pelumas pada persendian dan jaringan lain. 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Dalam produk perawatan kulit, asam hialuronat digunakan sebagai humektan atau zat yang membantu menahan air, bahkan dapat menahan 1.000 kali beratnya di dalam air. Setiap 1 gram asam hialuronat mampu menampung sekitar 6 liter air sehingga dapat mengatur hidrasi di dalam sel dan jaringan kulit Anda. 

Manfaat Hydraulic Acid untuk Kulit 

Ada berbagai fungsi hyaluronan khususnya untuk kulit. Berikut ini manfaat yang didukung secara ilmiah dari penggunaan asam hialuronat:

1. Menghidrasi Kulit

Asam hialuronat akan mengikat air di dalam jaringan kulit sehingga kulit akan selalu terhidrasi dan lembap. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terasa kenyal, kencang, halus, lembut, serta mengurangi garis-garis halus dan kerutan. 

Baca Juga: 9 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kering dan Kusam

2. Mempercepat Penyembuhan Luka 

Saat kulit terluka —baik gangguan kulit seperti jerawat— penggunaan asam hialuronat akan membantu mempercepat penyembuhan peradangan kulit. Asam hialuronat akan mengirimkan sinyal agar tubuh membangun pembuluh darah lebih banyak pada jaringan kulit yang terluka. Asam hialuronat juga mengandung antibakteri. 

3. Membuat Kulit Tampak Awet Muda 

Hydraulic acid adalah kandungan yang bagus untuk memudarkan garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik hitam tanda penuaan kulit. Kandungan ini juga membuat kulit bercahaya dan tampak awet muda. 

4. Mengandung Antioksidan 

Berdasarkan penelitian terbaru, asam hialuronat juga mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit kusam dan gangguan kulit lainnya. Jadi, kerjasama antara asam hialuronat dan antioksidan untuk kulit tidak hanya menjaga kecantikan kulit, namun juga membuat kulit sehat. 

5. Aman untuk Semua Jenis Kulit 

Asam hialuronat aman digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit yang rentan berjerawat, kulit berminyak, dan kulit sensitif. Kandungan asam hialuronat juga sangat cocok untuk jenis kulit kering. 

Selain itu, asam hialuronat juga memiliki fungsi lain untuk tubuh, termasuk: 

  • Mengatasi mata kering. 
  • Menjaga kesehatan tulang. 
  • Mencegah nyeri akibat infeksi kandung kemih. 
  • Meredakan gejala nyeri sendi. 
  • Mengatasi osteoarthritis atau radang sendi. 

Anda dapat menggunakan asam hialuronat dalam bentuk suplemen atau produk perawatan kulit dalam bentuk serum, masker, atau obat topikal yang dijual bebas. 

Cara Menggunakan Hydraulic Acid

Gunakan asam hialuronat yang biasanya ada dalam pelembap dan serum. Berikut ini cara menggunakan asam hialuronat dalam skin care routine Anda: 

  • Bersihkan wajah. 
  • Gunakan serum asam hialuronat beberapa tetes saja saat wajah masih lembap, pagi dan malam hari. 
  • Aplikasikan pelembap untuk mengunci hidrasi kulit. 
  • Gunakan setiap hari sebagai perawatan kulit rutin. 
  • Mohon baca petunjuk penggunaan di balik kemasan karena setiap produk memiliki aturan pakai berbeda. 

Kemudian, Anda mungkin bertanya hydraulic acid tidak boleh dicampur dengan produk apa. Hydraulic acid sangat amat dan dapat dikombinasikan dengan retinol, vitamin C, asam glikolat, asam alfa hidroksi (AHA), dan asam beta hidroksi (BHA) untuk hasil yang lebih maksimal. 

Bahkan, sangat disarankan untuk melapisi hydraulic acid dengan agen antipenuaan lainnya. Kebanyakan agen antipenuaan seperti retinol, vitamin C, asam glikolat, asam alfa hidroksi (AHA), dan asam beta hidroksi (BHA) membuat jadi sangat kering sehingga harus diseimbangkan dengan kandungan hydraulic acid

Cara Memilih Produk Hydraulic Acid

Ada berbagai merek produk perawatan kecantikan yang mengandung asam hialuronat. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perimbangkan dalam memilih produk asam hialuronat: 

  • Untuk penggunaan awal, silakan pilih asam hialuronat dalam molekul yang lebih kecil seperti sodium hialuronat.
  • Jangan pilih produk dengan konsentrasi asam tinggi, mengandung alkohol, atau pewangi buatan. 
  • Krim, losion, atau serum kulit mengandung kurang dari 2% asam hialuronat. 
  • Produk humektan dalam konsentrasi terlalu tinggi biasanya akan lebih cepat meningkatkan kehilangan air dari kulit. 
  • Cari produk kulit lain yang melengkapi asam hialuronat seperti vitamin B5, Vitamin C, kandungan alami seperti alpukat, shea butter, dan lainnya. 

Silakan konsultasi dengan profesional kesehatan kulit untuk membantu Anda menemukan produk perawatan kulit paling tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda. 

Baca Juga: 10 Urutan Skincare Pagi yang Benar untuk Kulit Cantik dan Glowing

Efek Samping Hydraulic Acid

Hydraulic acid memang termasuk jenis acid (asam) namun tidak seperti jenis asam lainnya yang dapat mengikis kulit dan membuat kulit kering. Kandungan asam hialuronat justru mendukung hidrasi kulit secara alami dengan lembut. 

Jadi, asam hialuronat minim akan efek samping asalkan Anda menggunakan asam hialuronat di bawah 2%. Bila Anda mengalami efek samping, mungkin karena konsentrasinya terlalu tinggi dan mohon cek kandungan produk kulit lain yang Anda gunakan.

 

  1. Driver George. 2020. What Is Hyaluronic Acid And How Does It Work?. https://www.elle.com/uk/beauty/skin/a35378/what-is-hyaluronic-acid-and-how-does-it-work/. (Diakses pada 28 Desember 2020). 
  2. Julson, Erica, MS, RDN, CLT. 2018. 7 Surprising Benefits of Hyaluronic Acid. https://www.healthline.com/nutrition/hyaluronic-acid-benefits. (Diakses pada 28 Desember 2020).  
  3. HARPER’S BAZAAR. 2020. What is Hyaluronic Acid?. https://www.harpersbazaar.com/beauty/skin-care/a25573129/hyaluronic-acid-for-skin-benefits-uses/. (Diakses pada 28 Desember 2020).  
  4. Sharkey, Lauren. 2020. How to Use Hyaluronic Acid the Right Way — and Why You Should. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-use-hyaluronic-acid#benefits. (Diakses pada 28 Desember 2020).  
  5. WebMD. 2020. HYALURONIC ACID. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1062/hyaluronic-acid. (Diakses pada 28 Desember 2020).  


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi