Terbit: 27 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di musim hujan seperti sekarang ini, kita tentu pernah terkena air hujan saat berada di luar rumah. Meskipun kita sudah memakai payung atau jas hujan, tetap saja air hujan ini bisa mengenai beberapa bagian tubuh. Banyak orang yang menyalahkan air hujan jika mereka mulai jatuh sakit. Sebenarnya, apakah memang air hujan bisa menyebabkan datangnya penyakit?

Benarkah Air Hujan Bisa Sebabkan Jatuh Sakit?

Dampak terkena air hujan

Pakar kesehatan menyebut saat kita terkena air hujan, maka tubuh akan merasa kedinginan. Hal ini akan memaksa tubuh untuk mengeluarkan energi dalam jumlah banyak demi menjaga suhu tubuh. Sayangnya, jika sistem kekebalan tubuh kita sedang lemah, maka tubuh tidak mampu mengatasi rasa kedinginan ini dan akhirnya memicu datangnya beberapa penyakit khas musim hujan layaknya flu, batuk, atau demam.

Melihat fakta ini, air hujan memang secara tidak langsung bisa menyebabkan kita jatuh sakit. Hanya saja, hal ini juga dengan catatan bahwa sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun. Jika sistem kekebalan tubuh berada dalam kondisi yang baik, meskipun kita kehujanan badan tidak akan mudah jatuh sakit.

Penularan penyakit di musim hujan

Pakar kesehatan menyebut virus flu memang cenderung lebih aktif tatkala musim hujan. Hal ini disebabkan oleh kondisi lingkungan yang lebih dingin dan lembap. Jika kita berada di dalam satu ruangan seperti di tempat kerja, tempat makan, atau di rumah yang berisi banyak orang dan beberapa diantaranya sudah terkena flu, maka virus dari penyakit ini bisa saja menular dengan cepat.

Sebagai contoh, jika ada orang yang terkena flu di tempat kerja dan kemudian bersin, maka kita pun akan lebih rentan menghirup udara yang sudah berisi virus flu. Jika sistem kekebalan tubuh kita sedang memburuk, maka risiko untuk tertular flu pun akan meningkat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Hujan bisa turunkan sistem kekebalan tubuh?

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, jika kita kehujanan, maka ada kemungkinan pakaian akan lebih basah dan kita pun akan lebih rentan kedinginan. Jika sampai hal ini terjadi, energi tubuh dicurahkan untuk menjaga keseimbangan suhu. Masalahnya adalah hal ini bisa saja membuat sistem kekebalan tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup. Hal inilah yang akhirnya membuat kita lebih mudah jatuh sakit.

Tips tidak mudah jatuh sakit saat musim hujan

Mengingat sakit bisa menganggu aktivitas kita sehari-hari, pakar kesehatan menyarankan kita untuk pandai-pandai menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit saat musim hujan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tetap sehat.

  1. Waspadai air kotor

Jika kita sedang berkendara atau berjalan kaki di luar rumah, sebaiknya kita mewaspadai air yang menggenang. Bisa jadi air ini dipenuhi dengan kotoran, virus, dan kuman yang bisa menyebabkan datangnya penyakit. Apalagi jika kita melewati daerah banjir, kita harus lebih mewaspadai berbagai penyebab penyakit tersebut.

Selain melindungi tubuh dengan payung atau jas hujan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memakai sepatu boots yang bisa melindungi kaki dari virus dan kuman yang bisa menyebabkan datangnya penyakit.

  1. Memakai baju hangat atau selalu membawa baju ganti

Jika kita kehujanan, sebaiknya kita mengganti pakaian yang basah dengan pakaian yang bersih dan kering. Hal ini akan mencegah kedinginan atau hipotermia. Jika perlu, kita bisa menyiapkan baju ganti di berbagai tempat kita beraktivitas, tak hanya di rumah saja sehingga kita bisa segera mengganti pakaian jika diperlukan. Jika suhu udara terasa dingin, kita juga sebaiknya membawa pakaian hangat seperti jaket demi membuat tubuh terasa lebih hangat.

Pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak sering memakai pakaian ketat di musim hujan karena jika sampai basah, akan menjadi lebih lembap dan dikhawatirkan bisa menjadi sarang kuman penyebab penyakit.

  1. Rajin mencuci tangan

Sebenarnya, baik itu di musim hujan atau tidak, kita sangatlah disarankan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun, khususnya setelah memakai toilet atau sebelum makan. Selain itu, jika kita baru saja memegang benda-benda yang ada di tempat umum atau berjabat tangan dengan orang lain, bisa jadi di tangan kita sudah ada kuman penyebab penyakit yang tentu harus dibersihkan.

  1. Menjaga pola makan yang sehat

Jangan sembarangan jajan atau membeli makanan di tempat yang tidak higienis. Selain itu, pastikan untuk selalu menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang demi menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat sehingga kita pun tidak akan mudah jatuh sakit.

  1. Jika perlu, pakai masker

Jika kita sering memakai sarana transportasi umum atau berada di tempat yang berisi banyak orang, kita bisa memakai masker yang menutupi hidung dan mulut agar tidak mudah tertular penyakit.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi