10 Tips Hubungan Seksual yang Sehat untuk Diterapkan Bersama Pasangan

hubungan-seksual-yangehat-doktersehat

DokterSehat.Com – Hubungan seksual seharusnya bukan hanya sekedar kegiatan untuk mencari kepuasan belaka. Jika ingin menjalani hubungan yang harmonis dengan pasangan, tentunya Anda juga harus memiliki hubungan seksual yang sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan hubungan intim yang sehat dan benar. Bagaimana cara menciptakan hubungan seksual sehat? Ini tips yang bisa Anda terapkan!

Tips Hubungan Seksual yang Sehat

Hubungan seksual yang sehat tidak dapat tercipta dengan sendirinya. Hubungan yang sehat harus diciptakan bersama-sama oleh dua orang yang menjalankan hubungan tersebut. Jika menginginkan hubungan seksual sehat, berikut adalah 10 tips yang bisa Anda terapkan!

1. Bangun komunikasi yang baik

Tips pertama untuk membangun hubungan seksual yang sehat adalah dengan menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan. Apapun yang Anda rasakan dalam sebuah hubungan, seharusnya dapat Anda bagikan dengan pasangan Anda. Tidak perlu malu untuk membaginya, karena komunikasi merupakan kunci dari sebuah hubungan.

Saling pengertian merupakan hal yang paling penting untuk mewujudkan hal ini. Pastikan Anda dan pasangan memiliki kesempatan untuk berbicara dan mendengarkan dengan porsi yang sama. Jangan biarkan satu pihak bertindak egois dan lebih ingin didengarkan.

 2. Senam Kegel secara rutin

Tips hubungan sex sehat selanjutnya adalah melakukan senam Kegel secara rutin. Senam Kegel sebenarnya adalah latihan untuk mengencangkan otot panggul bagian bawah. Anda juga bisa melakukannya bersama pasangan jika ingin.

Senam ini bermanfaat untuk pria maupun wanita. Manfaat senam ini bagi pria adalah dapat melancarkan peredarah darah pada penis, mengatasi inkontinensia urine (sulit menahan buang air kecil), mengatasi ejakulasi dini, dan menjaga kesehatan prostat.

Sedangkan manfaat senam Kegel pada wanita adalah untuk merapatkan vagina, mengancangkan vagina, mengatasi wasir, hingga mempercepat pemulihan setelah melahirkan.

3. Olahraga bersama

Selain melakukan senam Kegel bersama, Anda dan pasangan juga dapat melakukan olahraga lainnya bersama-sama. Tubuh yang sehat tentunya juga dapat mendukung aktivitas seksual Anda. Olahraga bersama juga dapat membuat Anda dan pasangan lebih dekat, bukan hanya sekedar dekat seputar urusan ranjang.

4. Jaga spontanitas

Jangan pernah beranggapan bahwa hubungan seks adalah kewajiban yang memberatkan Anda atau pasangan. Ketika menganggapnya sebagai kewajiban, seseorang cenderung akan memaksakan diri untuk melayani pasangannya walaupun tidak menginginkannya.

Hubungan intim yang sehat dan benar memang harus dilakukan secara rutin, tapi tidak harus memberatkan salah satu atau kedua pihak. Hububungan sex sehat juga dapat dilakukan dengan spontan dan tentunya herus dilakukan ketika keduanya merasa siap.

5. Jangan abaikan foreplay

Meskipun dilakukan dengan spontan, tatapi bukan berarti foreplay boleh dilewatkan. Umumnya wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk terangsang, maka dari itu, foreplay sangat penting untuk dilakukan. Adanya foreplay tentunya juga bukan memberikan manfaat pada wanita saja, tapi juga bisa membantu keduanya mendapatkan orgasme yang lebih kuat.

6. Periksakan kesehatan secara rutin

Tips hubungan seksual yang sehat selanjutnya adalah memeriksana diri secara rutin. Kesehatan tubuh sangat berpengaruh pada aktivitas seksual seseorang. Memeriksakan tubuh secara rutin berguna agar jika terjadi gangguan kesehatan, maka akan dapat ditangani dengan lebih cepat.

Jika Anda memiliki keluhan seputar organ intim, tidak perlu malu untuk menceritakannya pada pasangan dan juga pada ahli. Pasangan harus saling mendukung jika salah satunya membutuhkan penanganan medis terkait dengan kesehatan, termasuk juga kesehatan seksual.

7. Sempatkan waktu untuk ‘quality time’

Kesibukan tidak boleh membuat Anda mengabaikan quality time bersama pasangan. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan bersama pasangan untuk dapat membangkitkan gairah dalam hubungan. Momen ini juga merupakan momen yang sangat tepat untuk bertukar pikiran dengan pasangan dan membangun komunikasi yang lebih baik.

Kegiatan seperti menonton bioskop berdua, melakukan perjalan akhir pekan ke luar kota, atau bahkan hanya sekedar berjalan-jalan ke pusat kota berdua bisa menjadi kegiatan yang bisa membangkitkan gairah hubungan Anda dan pasangan. Hubungan yang tetap bergairah dibutuhkan dalam hubungan seksual yang sehat.

8. Jaga pola makan

Tips hubungan seksual yang sehat berikutnya adalah menjaga pola makan Anda. Ya, sebesar itu pengaruh makanan pada kesehatan seseorang. Makanan yang tidak bergizi dapat menyebabkan berbagai gangguan tubuh yang juga bisa menyebabkan turunnya kesehatan seksual Anda.

Selain menjaga pola makan dengan gizi seimbang, Anda juga sebaiknya menghindari alkohol. Minuman yang satu ini dapat memengaruhi kesehatan seksual pada pria maupun wanita.

9. Fokus ketika melakukan hubungan seksual

Hubungan intim yang sehat dan benar harus dilakukan dengan fokus. Ketika sedang melakukan hubungan seksual dengan pasangan, lebih baik fokus pada paasangan dan lupakan sejanak semua masalah lainnya.

Terlalu banyak memikirkan hal lain dapat membuat Anda stres, sehingga gairah seksual pun menurun. Jika hal ini terjadi, hubungan sex sehat pun akan sulit terwujud karena Anda juga kesulitan untuk memuaskan pasangan.

10. Bagi fantasi Anda dengan pasangan

Jika memiliki fantasi seksual, maka pasangan Anda perlu mengetahuinya agar fantasi tersebut dapat terwujud. Memiliki fantasi seksual merupakan hal yang wajar sehingga tidak perlu membaginya dengan pasangan.

Anda juga tidak perlu menunggu pasangan yang berinisiatif lebih dulu ketika ingin melakukan hubungan seksual. Ajakan melakukan hubungan seksual seharusnya dapat datang dari kedua belah pihak.

Itu dia 10 tips untuk mewujudkan hubungan seksual yang sehat. Ingat, hubungan ini hanya akan terwujud jika Anda dan pasangan sama-sama menjalaninya dengan baik. Maka dari itu, jadilah pasangan yang pengertian jika menginginkan hubungan yang sehat terwujud.