Fungsi Hormon Insulin dan Cara Kerjanya

cara-kerja-hormon-insulin-doktersehat
Photo source: Niddk.nih.gov

DokterSehat.Com – Hormon insulin adalah hormon dengan fungsi penting yang dihasilkan oleh sel beta pankreas. Fungsi hormon insulin yang utama adalah untuk mengontrol kadar glukosa atau gula darah di dalam tubuh. Kekurangan atau kelebihan hormon insulin bisa memicu berbagai kondisi medis yang kompleks.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu hormon insulin, fungsi hormon insulin, cara kerja hormon insulin, akibat apabila kekurangan hormon insulin, dan akibat apabila kelebihan hormon insulin.

Apa itu hormon insulin?

Hormon insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pulau Langerhans di pankreas yang memiliki fungsi penting bagi metabolisme tubuh. Insulin adalah sebuah rantai protein yang disusun oleh puluhan asam amino pada setiap molekul insulin.

Secara etimologi, insulin berasal dari kata “insula” yang dalam bahasa Latin berarti pulau. Pulau yang dimaksud di sini merupakan pulau Langerhans yang merupakan penghasil hormon insulin di dalam pankreas. Inilah alasan mengapa dinamakan insulin.

Fungsi hormon insulin yang penting bagi tubuh

Setiap manusia pasti memiliki hormon insulin di dalam sistem metabolisme tubuhnya. Hormon insulin memiliki beberapa fungsi yang sangat penting untuk menunjang fungsi tubuh yang sehat. Fungsi hormon insulin sangat terkait erat dengan glukosa atau gula darah.

Berikut ini adalah beberapa fungsi hormon insulin yang penting bagi tubuh:

1. Memerintahkan sel untuk mengambil glukosa dari darah

Setelah selesai makan makanan yang mengandung karbohidrat maka tubuh akan memecah karbohidrat menjadi glukosa atau yang biasa disebut juga sebagai gula darah. Pada waktu itu, kadar glukosa meningkat karena telah mengonsumsi karbohidrat.

Fungsi hormon insulin yang utama adalah untuk memerintahkan sel-sel yang ada di otot, hati, dan lemak untuk menyerap glukosa yang ada di aliran darah. Hal ini penting agar glukosa di dalam darah tetap stabil dan glukosa bisa digunakan oleh sel-sel tersebut.

2. Memerintahkan sel hati untuk mengubah glukosa menjadi glikogen

Fungsi hormon insulin selanjutnya adalah untuk memerintahkan sel-sel yang ada di organ hati untuk mengubah glukosa yang diserap dari aliran darah menjadi glikogen. Glikogen merupakan bentuk glukosa yang disimpan di dalam organ hati.

3. Mengubah glikogen menjadi glukosa yang dibutuhkan tubuh

Di saat tubuh sedang memerlukan banyak glukosa seperti sedang belajar atau berolahraga maka hormon insulin akan menjalankan fungsinya yang lain. Fungsi hormon insulin pada kondisi tersebut adalah memerintahkan hati agar mengubah glikogen menjadi glukosa yang sedang dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang aktivitas.

4. Menyimpan kelebihan glukosa sebagai lemak

Tidak hanya untuk mengubah glukosa menjadi glikogen dan sebaliknya, hormon insulin juga berfungsi untuk menyimpan glukosa yang berlebih. Ada saat di mana tubuh sedang tidak membutuhkan banyak glukosa dan hati sudah penuh menyimpan glukosa dalam bentuk glikogen.

Pada saat tersebut maka fungsi hormon insulin adalah memerintahkan sel-sel otot untuk mengubah glukosa dalam bentuk lemak yang biasanya disimpan di bawah lapisan kulit. Inilah salah satu proses orang yang mengalami kegemukan atau obesitas.

Cara kerja hormon insulin

Hormon insulin memiliki cara kerja yang penting untuk Anda ketahui. Cara kerja hormon insulin di saat terjadi peningkatan glukosa adalah dengan memberi sinyal kepada organ pankreas untuk memproduksi hormon insulin.

Setelah hormon insulin dihasilkan maka selanjutnya hormon insulin akan memberi sinyal kepada sel-sel di seluruh tubuh untuk mengambil glukosa di dalam aliran darah. Ketika glukosa sudah mulai diserap masuk ke dalam sel-sel darah maka kadar glukosa tubuh menjadi menurun dan normal kembali.

Glukosa yang diserap oleh sel-sel tubuh digunakan sebagai energi, sedangkan sel-sel yang ada di organ hati hanya akan menyimpannya dalam bentuk glikogen yang bisa diubah kembali saat tubuh memerlukan glukosa.

Akibat kekurangan hormon insulin

Apabila kekurangan hormon insulin maka glukosa tidak bisa diambil secara optimal oleh sel-sel tubuh. Hal ini pun akan mengganggu kadar glukosa di dalam darah. Kondisi seperti ini akan memicu kondisi medis yaitu hiperglikemia.

Kondisi hiperglikemia yang dibiarkan terus menerus maka bisa mencetuskan penyakit diabetes mellitus yang dimulai dari tipe-1 lalu menjadi tipe-2. Penyakit diabetes mellitus pun merupakan alasan terjadi berbagai komplikasi penyakit degeneratif lainnya.

Akibat kelebihan hormon insulin

Pada beberapa orang, hormon insulin bisa dihasilkan secara berlebih. Apabila kelebihan hormon insulin maka bisa menyebabkan sel-sel mengambil glukosa terlalu banyak dari darah. Kondisi ini akan memicu kondisi medis berupa hipoglikemia.

Kondisi hipoglikemia dapat membuat seseorang merasa lemas, pusing, cemas, lapar, berkeringat, memucat, dan kesakitan. Hal ini harus segera diperbaiki karena bisa memengaruhi otak bahkan bisa mengakibatkan koma pada kasus yang parah.