Hobi Pakai Headset Untuk Mendengarkan Musik? Waspadai Dampak Kesehatan Ini

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang berlama-lama dalam memakai headset atau earphone. Tak hanya bisa membantu kita mengatasi kebosanan, mendengarkan musik dengan menggunakan peralatan yang ditempelkan langsung pada telinga ini bisa membantu kita lebih fokus saat bekerja. Sayangnya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi penggunaan headset ini hanya satu jam saja setiap hari, itupun dengan volume suara yang rendah. Jika kita menggunakannya terlalu lama, maka kita pun akan meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

Infeksi telinga
Headset yang ada di kantor belum tentu hanya dipakai oleh satu orang saja. Kadangkala ada orang lain yang meminjamnya karena keperluan video calling atau hal lainnya. Yang menjadi masalah adalah, hal ini akan bisa memicu perpindahan bakteri dari satu telinga ke telinga lain dan akhirnya menyebabkan infeksi telinga.

Gangguan pendengaran
Saat ada lagu yang disukai atau saat ingin benar-benar fokus bekerja tanpa terganggu oleh hal apapun, banyak orang yang sengaja menyetel volume headset sangat kesar. Padahal, hal ini akan lambat laun menurunkan pendengaran kita. Tak hanya membuat kemampuan pendengaran menurun, bisa jadi kita benar-benar kehilangan pendengaran nantinya. Mengerikan bukan?

Buruk bagi kesehatan otak
Tak hanya buruk bagi telinga atau pendengaran, kerap menggunakan headset dalam waktu yang lama juga bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan otak. Hal ini disebabkan oleh radiasi gelombang elektormagnetik yang akan mempengaruhi fungsi otak. Selain itu, jika telinga sampai mengalami infeksi, hal ini juga bisa mempengaruhi kesehatan otak.

Telinga lembab
Karena memakai headset dalam waktu yang lama, maka sirkulasi udara pada lubang telinga tidak akan terjadi akibat dari dari tertutupnya lubang tersebut. Hal ini bisa menyebabkan telinga menjadi lebih lembab sehingga resiko terkena infeksi bakteri juga meningkat.

Hilangnya konsentrasi
Meskipun bisa membuat kita fokus bekerja, mendengarkan musik dengan headset, apalagi dengan volume yang keras juga bisa membuat kita mengalami kecelakaan.

Melihat adanya fakta ini, jangan terlalu lama memakai headset, apalagi dengan volume yang keras, ya?