Hobi Minum Alkohol Bisa Menyebabkan Demensia

doktersehat-wine-anggur-alkohol

DokterSehat.Com– Mereka yang hobi minum alkohol ternyata rentan terkena masalah kesehatan yang cukup merepotkan, yakni demensia. Fakta ini terungkap di dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul The Lancet Public Health.

Dalam penelitian yang dilakukan pada lebih dari 57 ribu data kasus demensia awal yang berasal dari Prancis disebutkan bahwa separuh dari penderita demensia awal ini ternyata hobi mengkonsumsi alkohol. Pakar kesehatan pun menyebutkan bahwa penyalahgunaan alkohol sepertinya memang bisa meningkatkan risiko terkena semua jenis demensia hingga 3 kali lebih besar.

WHO menjelaskan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol kronis sebagai orang-orang yang mengkonsumsi 6 gelas alkohol atau lebih setiap hari bagi pria dan 40 gram atau sekitar 4 gelas bagi kaum hawa. Dari penelitian ini, ditemukan fakta bahwa mereka yang mengkonsumsi alkohol dengan jumlah yang berlebihan memang bisa meningkatkan penyakit yang menurunkan fungsi kognitif dan memori otak dengan signifikan ini.

Michael Schwarzinger, pemimpin penelitian yang berasal dari Translational Health Economics Network yang ada di Paris, Prancis, menyebutkan bahwa konsumsi alkohol dengan berlebihan memang bisa menyebabkan demensia. Hal ini disebabkan oleh kemampuan alkohol dalam memicu kerusakan permanen pada otak baik itu dalam hal struktural ataupun fungsional. Tak hanya itu, konsumsi alkohol juga terkait dengan meningkatnya risiko tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, atau bahkan gagal jantung.

Melihat adanya fakta ini, ada satu alasan lagi mengapa sebaiknya kita tidak mengkonsumsi alkohol.