DokterSehat.Com– Membunyikan jari hingga bersuara “kretek-kretek” masih sering dilakukan oleh banyak orang. Biasanya, hal ini dilakukan untuk mengatasi sensasi pegal pada jari. Sayangnya, pakar kesehatan ternyata tidak menyarankan kita untuk melakukannya karena bisa melemahkan persendian pada jari di kemudian hari.

doktersehat-jari-tangan-sakit-mengetik

Sebuah kasus yang dialami oleh pria berusia 31 tahun bernama Antoine Boylston dari Kentucky, Amerika Serikat sepertinya bisa membuat kita berpikir ulang untuk melakukan kebiasaan membunyikan jari ini. Pada bulan April 2016 lalu, Antoine seperti biasa membunyikan buku jarinya karena merasa pegal saat bekerja. Hanya saja, bukannya merasa nyaman setelah melakukannya, Ia justru mengalami sensasi nyeri yang cukup parah pada jari hingga ke seluruh tangannya.

Antoine berpikir jika jari kelingkingnya patah, apalagi melihat tangan kanannya sudah sampai bengkak dengan parah dan terlihat menghitam. Namun, dokter ternyata menyebut penyebab dari masalah kesehatan ini adalah bakteri pemakan daging yang sepertinya menginfeksi bekas luka yang ada pada jari Antoine yang kembali terbuka tatkala membunyikan jari tangan.

CDC, badan pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut infeksi bakteri pemakan daging sebagai hal yang sangat berbahaya. Hal ini disebabkan oleh cepatnya penyebaran bakteri ini sehingga membuat daging mengalami perubahan warna hingga merah atau keunguan dan bahkan bisa saja menimbulkan nanah.

Dokter langsung melakukan operasi darurat pada Antoine. Ujung tangan hingga sikunya dibuka demi menghilangkan infeksi. Selain itu, Ia juga mendapatkan transplantasi kulit yang didapatkan dari pahanya sendiri. Antoine sangat beruntung karena jika Ia tidak segera memeriksakan kondisinya, bisa jadi tangannya harus diamputasi atau bahkan meninggal dunia. Sayangnya, kini hanya dua jari di tangan kanannya yang bisa digerakkan.