Hipotermia, Risiko Kesehatan yang Diduga Dialami Limbad Karena Tidur dalam Balok Es

Detikcom/Gusmun

DokterSehat.Com– Salah satu pesulap yang paling sering melakukan aksi menantang maut, Limbad, kali ini kembali memicu kehebohan. Sabtu, 24 Maret 2018 lalu, Limbad mengubur tubuhnya di dalam balok es. Tubuhnya terus terpapar suhu dingin balok es dan hanya kepalanya saja yang masih terlihat dari luar.

Photo Source: Detikcom/Gusmun

Meski awalnya terlihat tidak berbahaya, dalam realitanya anak Limbad, Cecilia Gina kemudian mengunggah foto ayahnya yang tergeletak lemah di ambulans. Sepertinya aksinya memang membuat Limbad mengalami masalah kesehatan.

Salah satu masalah kesehatan yang mungkin saja terjadi pada orang yang berada dalam suhu dingin yang ekstrem seperti Limbad adalah hipotermia. Sebagai informasi, hipotermia terjadi karena tubuh mengalami kesulitan untuk mengendalikan suhu internal akibat dari paparan suhu dingin terus-menerus. Suhu tubuh pun kemudian menurun hingga di bawah 35 derajat Celcius.

Normalnya, suhu tubuh manusia adalah sekitar 36,5 hingga 37,5 derajat Celcius. Jika sampai suhu tubuh berada di bawah suku tersebut, maka tubuh akan kesulitan untuk menyeimbangan produksi panas atau kehilangan panas.

Gejala dari hipotermia adalah tubuh yang menggigil gemetaran hingga gigi seperti bergemeretakan. Bahkan, jika tubuh penderita hipotermia berada dalam kondisi basah, maka dampak kesehatan pada tubuh akan menjadi semakin parah. Dalam beberapa kasus, mereka bisa kehilangan kesadaran atau bahkan mengalami halusinasi.

Beberapa masalah kesehatan lain yang bisa saja dialami oleh mereka yang terpapar suhu ekstrem seperti Limbad adalah frostnip atau frostbite. Frostnip adalah kondisi dimana jaringan tubuh membeku dan akhirnya mengalami kerusakan. Sementara itu, frostbite adalah kondisi dimana membekunya jaringan tubuh dan membuat aliran darah menuju bagian terluar tubuh semakin melambat dan memicu kematian jaringan. Seringkali, masalah frostbite ini terjadi pada jari kaki.

Sobat Sehat jangan ikut-ikutan aksi berbahaya seperti yang Limbad lakukan ya?