Hipnoterapi: Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukannya

manfaat-hipnoterapi-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda memiliki masalah dan banyak yang menyarankan untuk melakukan hipnoterapi? Tunggu dulu, sebelum melakukan hipnoterapi sebaiknya Anda membaca penjelasan ini dulu. Informasi mengenai hipnoterapi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca lebih lanjut untuk mengenal lebih jauh tentang hipnoterapi. Ketahui beberapa hal tentang hipnoterapi seperti sejarah hipnoterapi, pengertian hipnoterapi, perbedaan hipnoterapi dengan hipnosis, pro-kontra hipnoterapi, manfaat hipnoterapi, risiko hipnoterapi, dan informasi lainnya seputar hipnoterapi.

Sejarah hipnoterapi

Hipnoterapi telah ada sejak ratusan tahun lalu dengan istilah yang berbeda. Ada sebuah bukti adanya praktik hipnoterapi yang digunakan pada zaman Mesir kuno, yakni sekitar 3000 tahun yang lalu.

Kemudian, seorang dokter dari Austria bernama Friedrich Anton Mesmer memiliki kaitan dengan hipnoterapi modern. Mesmer yang awalnya tertarik melihat pertunjukkan magnet di Perancis akhirnya mengembangkan karya hipnoterapinya sendiri.

Apa itu hipnoterapi?

Tahukah Anda bahwa hipnoterapi sudah ada sejak ratusan tahun lamanya. Hipnoterapi tidak bisa dilakukan oleh orang yang tidak memiliki keahlian. Orang yang memiliki keahlian untuk melakukan hipnoterapi adalah hipnoterapist.

Lalu, apakah pengertian dari hipnoterapi itu? Hipnoterapi adalah sebuah terapi yang memprogram ulang pikiran bawah sadar seseorang. Tujuan dari hipnoterapi adalah membantu pasien agar bisa mengendalikan kesadaran dengan lebih baik.

Pada saat Anda mendapatkan hipnoterapi maka pikiran dan tubuh Anda berada di alam bawah sadar dan rileks. Ketika itu, Anda akan lebih mudah menerima saran untuk memperbaiki atau memodifikasi perilaku. Lalu, apakah hipnoterapi dan hipnosis itu sama?

Baca juga: Bagaimana Hipnoterapi Dapat Membantu PCOS (Polycystic Sindrom Ovarium)

Perbedaan hipnoterapi dan hipnosis

Hipnoterapi dan hipnosis sama-sama merupakan metode terkemuka sejak zaman dahulu. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan. Hipnosis dilakukan oleh ahli hipnotis, sedangkan hipnoterapi dilakukan oleh ahli hipnoterapi.

Selanjutnya, perbedaan antara hipnosis dan hipnoterapi terletak pada definisi hipnosis yang merupakan aktivitas untuk mengondisikan keadaan pikiran, sementara hipnoterapi adalah istilah yang digunakan untuk metode hipnoterapi di mana hipnosis digunakan di dalamnya.

Soerang ahli hipnosis bisa menggunakan hipnosis untuk membantu masalah orang-orang. Namun, ahli hipnosis tidak memiliki lisensi sebagaimana ahli hipnoterapi. Jadi, ahli hipnoterapi sudah tentu memiliki lisensi dan sertifikat profesional.

Siapa yang boleh menjadi hipnoterapi?

Apabila Anda ingin melakukan hipnoterapi sebaiknya carilah ahli hipnoterapi yang memiliki lisensi dan sertifikat profesional. Para hipnoterapi di berbagai negara memiliki lisensi dan sertifikat lokal yang berbeda. Akan tetapi, ada lembaga hipnoterapi tingkat Internasional. Lebih baik lagi, jika calon ahli hipnoterapi Anda memiliki sertifikat Internasional.

Ada beberapa ahli medis yang biasanya bisa memasukkan hipnoterapi ke dalam praktik mereka. Beberapa ahli medis tersebut di antaranya adalah dokter, dokter gigi, terapis keluarga, terapis perkawinan, dan praktisi perawat.

Kapan hipnoterapi digunakan?

Hipnoterapi digunakan bersama terapi yang lain. Hal ini dikarenakan, hipnoterapi merupakan terapi tambahan. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter dan juga ahli tulang tentang kapan sebaiknya Anda mulai melakukan hipnoterapi.

Bagaimana cara kerja hipnoterapi

Penggunaan hipnoterapi biasanya bersamaan dengan penggunaan psikoterapi. Hipnoterapi memungkinkan pikira, kenangan, dan perasaan tereksplorasi. Selain itu, hipnoterapi juga memungkinan sesoranguntuk melihat beberapa hal secara berbeda.

Hipnoterapi dilakukan dalam beberapa sesi. Setiap sesi, biasanya berlangsung selama satu jam. Seorang terapis akan menggunakan berbagai teknik relaksasi untuk membimbing ke kondisi hipnosis. Ketika itu, Anda masih sadar. Anda pun menjadi lebih santai. Selain itu, pikiran Anda juga akan lebih responsif terhadap saran dari terapis.

Ada cara kerja yang lain selain terapi saran, yani menggunakan pendekatan analisis. Cara kerja yang satu ini bertujuan untuk menemukan penyebab, gejala, dan lainnya. Sebaiknya, Anda harus membuka suara kepada terapis Anda tentang trauma yang dihadapi agar memudahkan psikoterapi.

Pro-kontra hipnoterapi

Banyak hal di dunia ini yang tidak bisa lepas dari pro-kontra. Hipnoterapi pun juga ada yang pro dan ada pula yang kontra. Yuk, kita lihat-apa-apa saja pro kontra dari hipnoterapi di bawah ini.

Pro hipnoterapi

Pendapat pro hipnoterapi mengatakan bahwa hipnoterapi dapat membantu mengobati kondisi medis Anda. Hal tersebut tidak memerlukan terapi invasif atau tambahan obat lagi. Orang-orang yang pro, mengganggap hipnoteraphy merupakan pilihan pengobatan yang aman dan memiliki efek samping yang sedikit.

Kontra hipnoterapi

Di sisi lain, kontra hipnoterapi pun tidak bisa dielakkan. Hipnoterapi memang memiliki beberapa efek samping. Beberapa efek samping yang sangat mungkin terjadi adalah pusing, sakit kepala, dan cemas. Akan tetapi, efek samping ini akan hilang beberapa saat setelah hipnoterapi selesai dilakukan.

Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau psikiater. Hal ini dikarenakan hipnoterapi memungkinkan untuk terjadinya ingatan palsu. Selain itu, ada kemungkinan juga untuk mengalami delusi dan halusinasi.

Apakah hipnoterapi berbahaya?

Mungkin pertanyaan ini sudah lama terlintas di benak Anda. Hipnoterapi bisa jadi berbahaya dan juga tidak. Hal ini tergantung pada tahapan yang Anda lakukan sebelum melakukan hipnoterapi dan terapis yang melakukan.

Suatu yang penting bagi Anda untuk konsultasi dulu dengan dokter atau psiakter sebelum melakukan hipnoterapi. Setelah dokter menjelaskan dan memberi lampu hijau pada Anda maka carilah terapis yang ahli dan terbukti dengan lisensi dan sertifikasi. Apabila keduanya sudah didapatkan maka hipnoterapi merupakan prosedur terapi yang aman.

Manfaat hipnoterapi

Hipnoterapi memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Terapi ini bisa mengatasi banyak permasalahan yang sering dimiliki oleh banyak orang. Tentunya dengan catatan, Anda melakukannya dengan prosedur yang sesuai dan terapis handal.

Hipnoterapi bermanfaat untuk mengatasi ketakutan, kecemasan, disfungsi seksual, dan penyalahgunaan obat terlarang. Selain itu, hipnoterapi juga bisa untuk mengatasi insomnia, gangguan belajar dan komunikasi, rasa duka dan depresi.

Fungsi hipnoterapi yang lain adalah untuk membantu mengatasi rasa nyeri, migrain, masalah pencernaan, gangguan kulit, dan efek samping kehamilan. Apabila ada perilaku buruk dari diri Anda yang ingin dihilangkan maka melakukan hipnoterapi bisa menjadi solusinya.

Baca juga: Mengatasi Ketidaksuburan dengan Hipnoterapi

Risiko hipnoterapi

Terapis yang kurang terlatih bisa meningkatkan risiko terhadap risiko dari hipnoterapi. Risiko hipnoterapi yang dilakukan oleh terapi yang tidak ahli bisa menyebabkan pengalaman hipnoterapi yang negatif bagi pasien.

Padahal, pengalaman hipnoterapi yang dilakukan oleh terapi ahli akan memberikan hasil yang positif dan menyenangkan. Risiko lain dari hipnoterapi yang dilakukan oleh terapis yang tidak ahli adalah adanya agenda tersembunyi.

Persiapan sebelum melakukan hipnoterapi

Orang-orang yang ingin melakukan hipnoterapi disarankan untuk mengetahui lebih banyak tentang hipnoterapi seperti informasi yang sudah dipaparkan. Selanjutnya, terapis akan mewawancarai Anda guna memastikan bahwa kondisi Anda siap untuk menerima hipnoterapi darinya.

Anda pun juga bebas bertanya kepada terapis dan terapis seharusnya terbuka untuk memberikan jawaban yang benar. Setiap pasien berhak bertanya tentang kualifikasi dan keahlian terapis serta metode yang akan digunakan.

Hal ini sangat penting untuk Anda ketahui karena sudah dijelaskan bahwa keahlian dan kualifikasi terapis bisa berisiko memberikan pengalaman hipnoterapi yang negatif dan tidak menyenangkan.