Hipertensi Sebabkan Pandangan Kabur?

bulu-mata-doktersehat

DokterSehat.Com– Jika kita membahas tentang hipertensi, hal pertama yang akan kita pikirkan biasanya adalah kemungkinan untuk terkena penyakit yang lebih berbahaya seperti stroke atau penyakit jantung. Padahal, dalam realitanya, hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa memberikan efek buruk yang menyeluruh bagi tubuh, termasuk dalam hal mempengaruhi kesehatan mata.

Menurut sebuah penelitian, disebutkan bahwa mereka yang mengalami hipertensi cenderung lebih rentan terkena degenerasi makula, kondisi yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel makula, sel yang berada di dalam bagian retina yang berpengaruh besar pada ketajaman penglihatan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan tekanan darah tinggi dalam membuat pembuluh darah menjadi lebih kaku sehingga mempengaruhi suplai darah ke retina. Retina yang tidak mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen dalam darah dengan cukup akhirnya mengalami degenerasi atau penuaan.

Jika sampai sudah mengalami degenerasi makula, maka penderitanya bisa mengalami gejala seperti pandangan kabur atau bahkan pandangan yang asimetris. Penderitanya pun akan kesulitan untuk berjalan dengan lurus atau membaca dengan jelas. Yang menjadi masalah adalah, masalah kesehatan ini tidak bisa disembuhkan. Meskipun mata sudah dioperasi, belum tentu penglihatan bisa kembali normal.

Melihat adanya fakta ini, jika kita memiliki riwayat keluarga dengan masalah tekanan darah tinggi sebaiknya pandai-pandai menjaga tekanan darah berada dalam kondisi yang normal agar tidak sampai mengalami komplikasi hipertensi seperti degenerasi makula. Terapkan gaya hidup yang lebih sehat seperti menata pola makan menjadi lebih sehat, lebih rajin berolahraga, selalu tidur cukup, dan mengatur stres dengan lebih baik sehingga tidak mudah terkena hipertensi.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria