Penderita Hipertensi Sebaiknya Hindari Sayuran Ini

doktersehat-sayuran

DokterSehat.Com– Hipertensi atau yang lebih dikenal sebagai penyakit darah tinggi jika dibiarkan dan tak ditangani dengan benar bisa menyebabkan datangnya penyakit mematikan seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal, dan komplikasi lainnya. Karena alasan inilah penderita hipertensi diminta untuk tidak sembarangan dalam menerapkan pola makan karena bisa jadi hal ini membuat kondisi hipertensi yang dialaminya akan menjadi lebih parah.

Penderita hipertensi biasanya diminta untuk mengonsumsi sayuran lebih banyak. Hanya saja, kita juga tidak boleh asal mengonsumsi sayuran sembarangan, khususnya sayur kalengan seperti tomat kalengan. Meskipun sama-sama disebut sayur, tomat kalengan ini kurang baik bagi kesehatan.

Tomat memang termasuk dalam sayuran yang kaya akan nutrisi, namun, jika sayuran ini disediakan dalam bentuk kalengan, maka kandungan garam di dalamnya bisa dipastikan sangat tinggi. Sebagai contoh, di dalam secangkir tomat kalengan terdapat 680 mg sodium, jumlah ini sudah cukup untuk membuat tekanan darah memburuk.

Sayuran lainnya yang sebaiknya dihindari adalah acar. Acar ternyata termasuk dalam makanan yang dilarang bagi penderita hipertensi. Padahal, acar seringkali disediakan dalam makanan seperti nasi goreng atau sandwich. Sebagaimana tomat kalengan, acar termasuk dalam makanan yang kaya akan natrium atau garam.

Sayuran yang dimasak dengan santan termasuk dalam masakan khas Tanah Air yang digemari oleh masyarakat. Sayangnya, proses pengolahan dengan memakai santan ini membuatnya kehilangan banyak nutrisi namun kaya akan kandungan lemak dan kolesterol. Padahal, kandungan ini tidak baik bagi kondisi kesehatan para penderita hipertensi.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih baik dalam memilih sayuran, khususnya sayuran yang diolah dengan cara yang tidak tepat. Sebagai contoh, ada baiknya kita memilih sayuran yang diolah dengan cara direbus atau dikukus yang jauh lebih sehat bagi kondisi tekanan darah.

Selain itu, ada baiknya kita juga memperhatikan konsumsi makanan lainnya seperti daging-dagingan dan makanan berlemak yang bisa memicu peningkatan tekanan darah. Penderita hipertensi juga sebaiknya meninggalkan kebiasaan merokok dan meminum alkohol yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh.