Hindari Menopause Dini dengan Beberapa Cara Ini!

menopause-dini-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Hampir semua wanita akan mengalami sebuah fase yang disebut dengan menopause. Menopause merupakan keadaan tidak terjadinya menstruasi selama 12 bulan berturut-turut, yang biasanya terjadi pada wanita berusia 51 tahun ke atas. Namun, menopause juga bisa terjadi pada wanita yang berusia 30 tahun. Hal inilah yang membuat banyak wanita merasa takut, karena saat fase ini datang mereka tidak akan memiliki gairah seksual lagi.

Photo Credit : pexels.com

Menopause terjadi karena penurunan kadar hormon estrogen dalam tubuh sehingga mengakibatkan terhentinya siklus menstruasi. Selain itu, menopause dapat menimbulkan rasa panas dan sakit kepala yang mengganggu. Menopause juga akan menimbulkan gejala seperti vagina kering, migraine, kulit kering, nyeri pinggul, kulit panas dan memerah, mudah lelah, dan bagian pinggul terlihat lebih gemuk.

Tak heran jika banyak wanita yang takut untuk mengahadapi fase ini, sehingga mereka akan melakukan berbagai cara untuk menundanya. Tapi tahukah Anda bahwa menopause dapat ditunda secara alami dengan cara berikut ini.

  • Kurangi Konsumsi Kafein

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang tidak bisa lepas dari kopi. Dengan menyeruput kopi, mereka merasa lebih segar, rasa stres berkurang, dan bisa menahan kantuk. Seperti yang Anda ketahui bahwa kopi mengandung kafein. Jika Anda ingin menunda menopause, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kafein. Mengurangi konsumsi kafein dapat menyeimbangkan sistem dalam tubuh dan hormon estrogen bisa berfungsi dengan baik. Untuk itu, Anda bisa mengganti kopi dengan minuman olahan susu seperti yogurt dan keju, atau bisa juga dengan cara mengonsumsi air putih yang banyak.

  • Mengonsumsi Roya jelly dan Madu

Cara menunda menaopause berikutnya adalah dengan cara mengonsumsi royal jelly dan madu secara rutin. Madu mengandung protein, asam lemak esensial, asam amino, vitamin B kompleks, enim dan mineral yang bermanfaat untuk melancarkan regenerasi sel, memperbaiki sistem reproduksi, meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan otak, dan mencegah munculnya osteoporosis. Manfaat mengonsumsi madu dan royal jelly lainnya adalah dapat menghambat penuaan.

  • Mengonsumsi Daun Kemangi

Bahan alami yang terakhir adalah daun kemangi. Daun kemangi dipercaya memiliki khasiat menunda menopause. Daun kemangi mengandung banyak senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk merangsang produksi hormon estrogen dan androgen. Selain itu, daun kemangi juga mengandung senyawa boron, anetol, dan zat stigmaasterol yang dapat merangsang pembentukan sel telur dan zat triptofan yang mampu menunda terjadinya menopause.