Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menurut rekomendasi WHO, bayi sebaiknya mulai makanan padat dan minum minuman selain ASI setelah bayi berusia lebih dari 6 bulan. Namun ada kalanya kondisi bayi mengharuskan ibu untuk memberi makanan padat pada bayi sebelum 6 bulan. Meskipun demikian, ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak Anda berikan pada bayi sebelum usia 1 tahun. Apa saja?

Hindari Memberi Minuman Ini pada Bayi di Bawah 1 Tahun

Photo Credit: Chris Parfitt

Minuman yang sebaiknya tidak Anda berikan pada bayi

Pencernaan bayi berusia 6 bulan umumnya hanya terbiasa mencerna ASI atau susu formula. Untuk bisa mengolah jenis makanan atau minuman lain perlu waktu untuk adaptasi. Jika Anda harus memberi makanan padat lebih awal pada bayi, maka sebaiknya Anda memerhatikan beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh bayi berusia di bawah 1 tahun, seperti dilansir dari Mom Junction berikut ini:

1. Air putih
Air putih memang sepertinya sehat dan baik bagi kesehatan, namun tidak bagi bayi yang berusia di bawah satu tahun. Air putih dapat menyebabkan bayi diare karena pencernaannya belum siap menerima cairan tersebut. Selain diare, pemberian air putih pada bayi juga dapat menyebabkan bayi kekurangan gizi dan mengganggu pola minum ASI.

2. Jus buah kemasan
American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan bahwa sebaiknya Anda tidak memberikan jus buah pada bayi yang belum genap berusia 1 tahun. Jus buah tidak memberikan manfaat gizi yang baik bagi bayi yang berusia kurang dari 1 tahun. Selain itu bayi yang sering minum jus buah juga akan berkurang keinginannya untuk minum ASI.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Susu siap minum
Susu siap minum sebenarnya tidak diproduksi untuk balita usia kurang dari 1 tahun. Susu siap minum umumnya lebih menonjolkan rasa dan tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dengan optimal. Selain itu susu siap minum juga mengandung gula yang belum siap dicerna oleh bayi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi