Ampuh, Begini Cara Hindari Godaan Makanan Tidak Sehat

doktersehat-hindari-godaan-makan-tak-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Hamza Butt

DokterSehat.Com– Siapa yang sih yang bisa tahan akan godaan makanan tidak sehat? Gorengan, cokelat manis atau minuman manis serta masakan dengan banyak lemak tentu sangat nikmat dikonsumsi. Meskipun kita sudah tahu bahwa harus membatasi konsumsinya kadang sangat sulit untuk menahan diri.

Lalu, bagaimana sih tips jitu mengurangi godaan makanan tidak sehat?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, jika biasanya hanya melakukan cara biasa maka kini kombinasikan cara kekinian untuk menghalau godaan makanan tidak sehat ya, yaitu dengan:

1. Hindari paparan makanan tidak sehat dari media sosial atau televisi

Coba perhatikan berapa akun sosial media yang Anda ikuti yang membagikan beragam foto makanan yang cenderung tidak sehat? Sebagian besar makanan yang ada pada foto media sosial sangat lazim mendapatkan tambahan topping tinggi kalori dan lemak seperti cokelat, gula atau makanan berlemak.

Selain itu porsi yang ditampilkan juga cukup besar. Hal ini tentu sangat menggoda untuk kita membuat atau membeli makanan yang gizinya kurang seimbang.

Untuk itu pastikan akun yang Anda ikuti memberikan inspirasi makanan sehat saja yang bergizi seimbang dan bervariasi, ya.

2. Selalu persiapkan makanan sendiri

Membawa makanan sendiri akan menjadi penghalau godaan makan tidak sehat yang cukup ampuh. Selain lebih higienis, Anda bisa mengatur porsi makan sesuai kebutuhan tubuh Anda. Hal ini penting karena porsi makanan yang dijual di luar umumnya cukup besar.

3. Persiapkan apa menu yang akan Anda konsumsi dalam satu hingga dua minggu ke depan

Buatlah catatan rencana makan sehat bergizi seimbang yang akan Anda konsumsi dalam beberapa waktu ke depan.

Hal ini akan efektif mengontrol apa yang akan Anda makan dan Anda tentu bisa lebih menentukan makanan sehat apa yang mungkin Anda konsumsi dalam beberapa minggu ke depan. Terapkan hal ini untuk camilan juga ya sehingga Anda bisa mempersiapkan atau berbelanja makanan dengan baik.