Terbit: 22 April 2018 | Diperbarui: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setelah melahirkan, ibu segera dihadapkan tanggung jawab untuk menyusui si kecil. Semua ibu tentu ingin memberi ASI semaksimal mungkin pada si kecil. Namun ada beberapa hal yang dapat membuat produksi ASI berkurang. Apa saja?

Hindari Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin ASI Berkurang

Beberapa hal yang dapat menyebabkan produksi ASI berkurang

1. Ibu gemar merokok dan minum minuman beralkohol
Kandungan dalam rokok dapat memengaruhi let-down reflex, yaitu refleks ibu yang diperlukan untuk mengeluarkan ASI dari payudara. Jika refleks tersebut terganggu, bayi akan kesulitan untuk mengisap ASI. Sedangkan alkohol dapat merusak rasa ASI sehingga bayi Anda akan malas menyusui.

2. Pola makan yang buruk
Pola makan ketika menyusui juga perlu diperhatikan dengan baik. Ibu menyusui terkadang lebih cepat lapar, namun hanya makan makanan yang diinginkan saja. Saat menyusui sebaiknya tetap penuhi pola makan dengan gizi seimbang sehingga produksi ASI tetap stabil. Selain itu perbanyak air putih dan cairan untuk menjaga produksi ASI.

3. Mengonsumsi obat-obatan tertentu
Beberapa obat-obatan seperti obat alergi atau flu dapat menurunkan suplai ASI. Karena itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai obat yang Anda konsumsi jika mengalami alergi, flu, atau keluhan lainnya.

4. Minum pil KB

Banyak pasangan yang ingin menjaga jarak antara kelahiran si kecil dengan kehamilan selanjutnya, sehingga segera mengonsumsi pil KB pada masa menyusui. Pil KB merupakan salah satu penyebab menurunnya suplai ASI. Apabila Anda tidak ingin suplai ASI Anda berkurang, maka sebaiknya ganti pilihan KB Anda dengan alat kontrasepsi yang lain seperti implan atau suntik KB.

5. Hamil lagi

Jika tiba-tiba produksi ASI Anda berkurang, maka sebaiknya Anda memeriksa kemungkinan bahwa Anda sedang hamil. Kehamilan juga merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan ASI berkurang.

6. Stres
Stres dapat terjadi kapan saja dan dapat disebabkan oleh apa saja yang ada di lingkungan sekitar. Situasi pekerjaan, hubungan yang tidak harmonis di rumah, stres karena penampilan fisik, merasa ASI tidak cukup banyak dibanding wanita lain, dapat menyebabkan menurunnya produksi ASI. Lakukan relaksasi dan bicarakan masalah tersebut pada orang terdekat Anda untuk membantu mengatasi stres.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi