Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menimbang berat badan kerap dianggap hal yang sepele, karena memang nampak sangat mudah melakukannya. Padahal sebenarnya menimbang berat badan tidak boleh dilakukan dengan asal lho.

Hindari, Ini 3 Kesalahan Fatal Saat Menimbang Berat Badan

Menimbang berat badan harus dilakukan dengan tepat agar kita bisa memperoleh hasil yang sebenarnya. Hal ini tentu penting untuk menentukan bagaimana kesehatan umum tubuh kita, target diet atau kebutuhan energi yang sesuai.

Namun karena kerap dianggap sebagai hal yang mudah, kita jadi cenderung asal saat menimbang berat badan.

Hal inilah yang sering menyebabkan hasil penimbangan berat badan menjadi tidak sesuai dengan kondisi tubuh yang sebenarnya. Beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat menimbang berat badan adalah:

1. Meletakkan timbangan di lantai yang tidak datar

Baik timbangan digital maupun timbangan jarum harus diletakkan di lantai yang benar-benar datar sebelum kita menggunakannya. Sensitivitas timbangan bisa terganggu jika lantai tempat kita meletakkan timbangan bergelombang, cekung atau miring. Pastikan seluruh kaki atau bagian dasar timbangan ada pada bidang yang datar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Masih menggunakan pakaian berat, membawa barang dan menggunakan alas kaki

Terdengar sepele namun ternyata hal ini kerap terlewatkan. Penggunaan topi, ikat rambut yang tebal, kain penutup kepala dengan bahan yang berat, sanggul, perhiasan, jam tangan, sabuk, jaket, berbagai benda yang ada di saku, hingga kaos kaki dan sepatu akan sangat memengaruhi hasil pengukuran berat badan.

Berbagai pedoman kesehatan dan gizi terkait cara menimbang berat badan menganjurkan penggunaan pakaian seminimal mungkin saat akan menimbang.

3. Hanya menimbang berat badan satu kali

Untuk menghindari kesalahan alat dalam membaca hasil, maka kita sebaiknya tidak hanya menimbang satu kali ya. Mengulangi penimbangan sangat dianjurkan untuk dilakukan agar dapat memastikan bahwa alat tidak keliru dalam membaca hasil.

Nah, itu dia tiga kesalahan yang kerap terjadi saat kita menimbang berat badan. Kini saat menimbang berat badan sebaiknya kita hindari melakukan tiga hal di atas, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi