Hindari 9 Makanan Ini Jika Terserang Migrain

doktersehat-migrain-wanita-sakit-kepala-kekurangan-vitamin-aneurisma

DokterSehat.Com– Jika Anda adalah seseorang yang seringkali menderita sakit kepala migrain, Anda akan tahu betapa sulitnya hidup dengan kondisi ini, bukan? Bayangkan jika Anda telah merencanakan acara penting di tempat kerja, namun Anda mengalami serangan migrain, dengan terpaksa Anda akan membatalkan acara tersebut.

Jadi, sakit kepala migrain bisa menjadi sangat merepotkan dan menghalangi kehidupan sehari-hari dan produktivitas Anda. Migrain adalah salah satu penyakit yang paling umum dihadapi oleh orang-orang dari kedua jenis kelamin dan lebih dari 10 juta kasus dilaporkan dalam setahun, seperti di India.

Bila seseorang mengalami sakit kepala yang hebat, disertai rasa mual dan kepekaan terhadap cahaya dan suara, biasanya migrain. Meski penyebab pasti sakit kepala migrain tidak diketahui secara jelas, ada sejumlah faktor seperti kebiasaan makan, stres, ketidakseimbangan hormon, dan sebagainya, yang bisa memicu serangan migrain. Jadi, seperti melansir Bold Sky, berikut beberapa makanan umum yang tidak boleh Anda makan saat Anda menderita migrain.

doktersehat-kopi-demensia

1. Kopi
Kebanyakan dari kita merasa ada yang kurang jika tanpa menyeruput beberapa cangkir kopi dalam sehari, bukan? Meskipun benar bahwa kopi kaya akan antioksidan dan disertai beberapa manfaat kesehatan seperti menjaga agar otak tetap waspada dan sebagainya, namun kopi juga memiliki beberapa efek kesehatan negatif. Kandungan kafein dalam kopi dapat menyebabkan saraf di kepala Anda terangsang dan memicu migrain.

doktersehat-permen-manis
pic credit: bartha iv

2. Pemanis buatan
Saat ini, banyak makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari mengandung banyak pemanis buatan yang diklaim lebih sehat daripada gula. Minuman ringan, cokelat, permen, dan makanan lainnya, mengandung pemanis buatan yang memiliki banyak efek kesehatan negatif, termasuk migrain. Kandungan aspartam dalam pemanis buatan dapat memicu migrain.

alkoholisme-kecanduan-alkohol
Photo Credit: SteadyHealth

3. Alkohol
Alkohol telah menjadi sangat populer, terutama kaum muda yang suka bersantai dan bersenang-senang. Seperti kita ketahui, alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Seiring dengan menimbulkan masalah seperti penyakit pencernaan, gagal hati dan bahkan kanker, alkohol juga bisa menimbulkan kecanduan. Alkohol memiliki sifat peradangan, yang bisa mengganggu saraf di kepala dan memicu migrain.

doktersehat-mie-bakmi-makan

4. Makanan cepat saji dari China
Sebagian besar dari kita suka menikmati hidangan seperti mi dan makanan cepat saji China lainnya. Nah, kita mungkin sudah tahu bahwa makanan ini dapat menyebabkan masalah seperti penambahan berat badan dan gangguan pencernaan. Namun, mungkin kita tidak tahu bahwa makanan ini juga bisa memicu serangan migrain. Makanan cepat saji China biasanya mengandung MSG (Monosodium Glutamat), yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang memicu migrain.

pantangan makanan asam urat kolesterol tinggi makanan kaleng
Makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi.

5. Daging Olahan
Daging olahan adalah jenis daging yang dikalengkan atau dikemas dengan bahan pengawet, sehingga tetap terjaga untuk waktu yang lama. Makanan cepat saji dan sajian siap saji mengandung daging olahan ini terdapat bahan pengawet. Pengawet mengandung asam nitrat yang bisa melebarkan pembuluh darah di otak, memicu migrain. Jadi, daging segar lebih baik dibanding daging olahan.

doktersehat-acar
Photo Credit: wagon16

6. Makanan acar
Sebagian besar dari kita suka menambahkan makanan acar seperti mangga, buah zaitun, timun, dan lain-lain, ke masakan tertentu agar lebih enak, bukan? Proses pembuatan acar melibatkan fermentasi bahan sementara waktu untuk membantu menghasilkan rasa dan tekstur. Saat fermentasi makanan, kadar tyramine di dalamnya meningkat. Tyramine adalah senyawa yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang memicu migrain.

 

7. Keju
Jika Anda adalah pecinta pizza, pasta, Anda pasti juga menyukai keju, bukan? Keju adalah salah satu produk susu yang paling populer dan dinikmati oleh banyak orang. Meski keju kaya akan protein dan kalsium, namun memang memiliki efek samping negatif seperti kenaikan berat badan. Kini, keju, terutama parmesan dan feta, yang telah berumur lebih lama untuk membantu mendapatkan rasa mengandung tyramine, yang diketahui memicu migrain.

doktersehat-ikan-asin

8. Makanan Asin
Tanpa garam, kebanyakan makanan tidak memiliki rasa. Namun, mengonsumsi makanan dengan garam berlebih secara rutin, tidak baik untuk kesehatan Anda. Terlalu banyak garam dalam aliran darah Anda dapat menyebabkan hipertensi, di mana aliran darah ke arteri Anda terlalu tinggi. Hipertensi juga diketahui memicu migrain, karena bisa melebarkan pembuluh darah di otak.

doktersehat-buah-apel-harus-dicuci-dulu
pic credit: ryan harvey

9. Apel
Ini mungkin tampak mengejutkan karena makan apel setiap sehari bisa menyehatkan tubuh Anda. Ternyata tidak selalu. Mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya dapat memicu migrain karena penelitian telah menemukan bahwa buah berkulit merah ini mengandung tanin yang juga dapat menyebabkan migrain, bila dikonsumsi secara teratur.