Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Double chin menjadi salah satu hal yang sering membuat penampilan Anda kurang menarik. Tidak jarang double chin membuat Anda dilabeli sebagai seorang yang gendut. Lebih lanjut, double chin rupanya merupakan kondisi yang umum terjadi pada kisaran umur 20 tahun.

Hilangkan Double Chin dengan Latihan Super Mudah Ini!

Kondisi tersebut disebabkan oleh kulit yang kehilangan kolagen sehingga menyebabkan kulit di area dagu dan leher menggelambir. Masalah satu ini dapat diatasi dengan mudah tanpa harus menjalani prosedur bedah. Anda dapat menjajal sejumlah exercise berikut yang menghilangkan double chin dalam waktu singkat.

Photo Credit: Flickr.com/Maria Morri

1. Menekan Lidah

Dilansir dari laman kesehatan Livestrong, mendongakkan wajah ke atas dengan menekan ujung lidah pada langit-langit mulut sangat ampuh menghilangkan double chin. Lakukan selama beberapa detik dan lanjutkan dengan menurunkan kepala hingga dagu Anda menyentuh dada. Namun, pastikan jika Anda melakukan cara satu ini dalam posisi duduk yang tegak.

2. Menggunakan Bola

Pertama-tama, letakkan bola berukuran kecil seperti bola tenis di bawah dagu. Selanjutnya, tekan dagu Anda pada bola tersebut ke arah bawah. Lakukan cara satu ini selama 25 kali dalam sehari. Dilansir dari laman Health Line, exercise yang menggunakan bola ini dapat menghilangkan gelambir lemak yang menyebabkan double chin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Gaya Mencium

Exercise satu ini hampir sama dengan exercise menekan lidah. Pertama-tama, dongakkan kepala ke arah atas. Lakukan gerakan seperti mencium hingga Anda merasakan kulit leher seperti tertarik. Pertahankan posisi tersebut selama beberapa detik dan kembali ke posisi normal. Ulangi cara tersebut selama beberapa kali. Biasanya, satu set gerakan terdiri dari 10 kali pengulangan.

Alih-alih menyingkirkan double chin dengan metode lipolysis yang mahal, Anda justru dapat mengakalinya dengan melakukan sejumlah exercise tersebut. Selain aman, cara tersebut juga membantu mengencangkan kulit di area wajah. Agar hasilnya lebih optimal, lengkapi exercise dengan mengontrol jenis makanan yang disantap setiap harinya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi