Cara Menghilangkan Berat Badan 1 Kg Seminggu dengan Aman

menurun-berat-badan-doktersehat

DokterSehat.Com – Menghilangkan berat badan secara rutin setiap minggu bagi mereka yang mengalami obesitas adalah keharusan. Namun, berapa banyak berat badan yang bisa diturunkan dalam waktu satu minggu dan aman untuk tubuh. Jawabannya adalah sekitar 2 lbs atau kalau dikonversikan ke kg sekitar 0,9-1.

Dengan menghilangkan sekitar 1 kg dalam satu minggu, Anda bisa menghilangkan 4 kg dalam satu bulan. Dengan metode ini tubuh tetap akan sehat dan tidak mengalami gangguan pada tubuh seperti kehilangan masa otot hingga mengganggu kerja dari organ serta metabolisme.

Cara menurunkan berat badan sebanyak 1 kg per minggu

Menurunkan berat badan sebenarnya tidak susah asal dilakukan dengan benar. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Catat kebutuhan kalori harian

Kalau Anda benar-benar ingin mengalami penurunan berat badan yang signifikan ada baiknya untuk mencatat kalori harian. Coba gunakan aplikasi yang mencatat kebutuhan kalori harian mulai dari makanan, minuman, hingga camilan. Cek jumlah kalori berserta makro nutrisinya.

Pencatatan ini dilakukan untuk menghindari terjadinya over kalori. Kalau dalam satu hari Anda kelebihan kalori sebanyak 500, dalam satu bulan bisa naik 2 kg. Sekilas perubahan tidak terlihat, tapi pasti akan terjadi dan jika sudah menumpuk semakin susah diatasi.

  1. Kurangi kalori harian dengan benar

Secara teori, 7.000 kalori setara dengan 2 lbs atau hampir 1 kg. Kalai dalam satu hari Anda mengurangi kebutuhan kalori sebanyak 1.000, dalam satu minggu tubuh akan kehilangan lemak sekitar 1 kg yang kemungkinan bisa naik kalau kadar air di dalam tubuh juga ikut berkurang.

Kalau kebutuhan kalori harian Anda sekitar 2.500 kalori, pengurangan 1.000 sama halnya membuang satu porsi makan. Kalau Anda merasa keberatan harus mengurangi 1.000 kalori, kurangi saja 500 kalori dan tambah defisit dari olahraga.

  1. Imbangi dengan olahraga yang intens

Melakukan olahraga dengan baik sangat membantu tubuh dalam menyuplai defisit kalori. Kalau Anda tidak mau mengurangi sekitar 1.000 kalori per hari karena takut kelaparan, genjot di olahraganya. Kalau kalori saat melakukan olahraga bisa mencapai 500 dan defisit dari makan 500, jumlah 1.000 tetap didapatkan.

Kalau Anda ingin makan agak banyak, tapi takut tubuh semakin gemuk, kurangi kalori berlebih dengan olahraga. Singkatnya, olahraga merupakan pengurang kalori di tubuh. Sesuaikan kemampuan Anda dengan baik agar dalam satu hari tetap memiliki kemungkinan defisit sekitar 1.000 kalori.

  1. Menyimpan kalori untuk kegiatan khusus

Misal Anda akan ke kondangan teman. Kalau tidak makan juga akan sungkan. Sebaliknya kalau makan justru membuat kalori semakin naik dan untuk membuat defisit dibutuhkan perjuangan yang cukup ekstra. Kalau Anda bisa olahraga intens, defisit bisa dibuat. Kalau tidak sempat olahraga bagaimana?

Menabunglah kalori setiap hari. Misal Anda defisit lebih dari 1.000 pada hari pertama. Jumlahkan defisit tambahan itu hingga beberapa hari. Misal Anda mendapatkan tambahan defisit 500-700 kalori, mau kondangan atau makan di luar bersama teman, kalori mingguan akan tetap terjaga.

  1. Konsumsi air dengan jumlah cukup

Konsumsi air dengan cukup. Dalam satu hari usahakan untuk tetap minum sekitar 8 gelas. Air akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi yang membuat Anda mudah lapar padahal tubuh tidak membutuhkannya.

  1. Lakukan modifikasi kalori

Apakah dalam satu hari harus defisit 1.000 kalori? Jawabannya tidak. Anda bisa memodifikasinya sendiri. Misal saat hari padat defisit dikurangi dan saat hari santai defisit bisa ditambah. Dengan metode zigzag ini kemungkinan terjadi plateu akan kecil.

Tips sukses menurunkan berat badan dalam jangka waktu tertentu

Menjalani diet yang benar dan tepat sasaran sering kali susah dilakukan. Ada banyak sekali gangguan yang muncul mulai dari kehilangan semangat hingga sering melakukan kesalahan. Perhatikan beberapa tips di bawah ini.

  • Tahu kebutuhan kalori harian. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Umumnya kebutuhan untuk pria sekitar 2.500 kalori dan wanita 2.000 kalori. Jumlah ini bisa saja naik atau turun sesuai dengan kebutuhan. Kalau sedang fat loss bisa turun hingga beberapa ratus kalori.
  • Selalu perbarui hitungan kalori setiap minggu atau sebulan sekali. Saat berat badan mulai berubah, kebutuhan kalori juga akan mengalami perubahan. Kalau Anda menggunakan hitungan lama, kemungkinan terjadi kesalahan akan besar. Jadi selalu perbarui hitungan meski agak merepotkan.
  • Semakin sedikit jumlah lemak di dalam tubuh semakin lama pula jumlah berat badan yang akan turun per minggunya. Ada kalanya berat badan turun lebih dari satu kilogram dan kurang dari satu kilogram. Pada kondisi tertentu margin atau perubahannya nol sehingga terlihat tidak ada perubahan sama sekali.
  • Pahami masa plateu. Beberapa orang akan mengalami masa ini dan berat badan terus stagnan meski olahraga yang dilakukan sudah intens dan pola makan yang dijalankan sesuai hitungan. Saat menghadapi masa ini lebih baik ubah pola diet atau jenis olahraga agar tubuh menyesuaikan kembali metabolismenya.
  • Menimbang berat badan per minggu bisa dilakukan setiap 2-4 minggu sekali. Jangan lakukan seminggu sekali atau setiap hari karena bisa menyebabkan masalah penurunan semangat kalau berat badan tidak berubah.
  • Indikator dari perubahan berat badan tidak hanya timbangan saja. Coba menghadap cermin dan lihat ada atau tidaknya perubahan. Kadang perubahan pada tubuh terjadi dan berat badan tidak ada perubahan sama sekali.

Inilah beberapa ulasan tentang cara menurunkan berat badan yang sehat setiap minggu. Semoga informasi di atas bisa Anda gunakan untuk melakukan program diet yang berkelanjutan dan menjadi salah satu gaya hidup yang sehat.