Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Untuk melatih kebugaran, sebenarnya ada banyak jenis latihan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah latihan kardio yang cukup populer di dunia kebugaran. Latihan kardio atau yang lebih akrab disebut kardiovaskular adalah jenis latihan aerobik yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang untuk menjaga kebugaran serta menurunkan berat badan.

HIIT, Teknik Latihan Kombinasi yang Bisa Bikin Langsing!

Photo Credit : pexels.com

Salah satu alasan mengapa kardio menjadi populer adalah karena cukup mudah dilakukan, seperti bersepeda, lari, renang, dan senam. Kardio juga dipercaya sebagai metode pencegahan penyakit jantung yang cukup ampuh. Maka tak heran, jika jenis latihan ini begitu diminati oleh kebanyakan orang.

Tapi, dibalik kemudahannya tersebut, kardio juga memiliki sedikit kelemahan, yakni efektifitasnya dalam hasil. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, maka Anda harus meningkatkan intensitas latihan kardio. Jika tidak, maka akan sangat lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nah, sebagai pembanding untuk Anda yang tidak suka menunggu lama, Anda bisa menggunakan sebuah teknik latihan yang bernama HIIT. Ya, HIIT merupakan singkatan dari High Intensity Interval Training, yaitu sebuah latihan yang mengombinasikan antara latihan intensitas tinggi dan intensitas sedang pada waktu tertentu.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Seperti diketahui, kardio merupakan jenis latihan yang memiliki intensitas sedang. Maka, teknik HIIT akan menggabungkan latihan kardio dengan jenis latihan dengan intensitas tinggi, seperti sprint. Misalnya Anda sedang melakukan olahraga jalan santai dengan rute tertentu. Nah, dalam perjalanan itu Anda harus sesekali menyelipkan gerakan sprint atau lari cepat. Maka dengan begitu, intensitas olahraga Anda menjadi lebih dinamis, yaitu sedang dan tinggi.

Dikatakan jika HIIT memiliki manfaat yang cukup bagi tubuh. Selain mempercepat turunnya berat badan, HIIT juga bisa membuat aliran oksigen dan darah di dalam tubuh menjadi lancar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Laval University membuktikan jika latihan HIIT bisa meningkatkan pembakaran 9 kali lebih tinggi daripada latihan kardio biasanya.

Sekarang sudah tahu HIIT kan? Yuk dicoba!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi