Terbit: 19 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada berbagai cara yang kita lakukan untuk mencapai pola hidup sehat. Memulai hidup sehat kerap dimulai dengan mengatur pola aktivitas fisik dan pola tidur, namun yang tak kalah penting dilakukan adalah pengaturan pola makan yang sehat.

Hidup Sehat, Mulai Dari Mengganti 5 Makanan Ini

Dua penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia, menurut data World Health Organization (WHO) adalah penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit ini adalah penyakit tidak menular yang penyebabnya dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu fokus utama yang sangat memengaruhi kondisi kesehatan seseorang adalah pola makannya. Maka dari itu, Dietary Guideline for America memberikan penggantian jenis makanan yang bisa dengan mudah kita lakukan untuk memulai hidup sehat, diantaranya adalah:

 

  • Mengganti camilan biasa dengan camilan bernutrisi

 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

 

 

    1. Jika kita biasaya mengonsumsi camilan tinggi kalori, misalnya jajanan ringan dengan tambahan saus manis atau saus keju, maka kini gantilah camilan tersebut dengan salad buah atau salad sayur, gunakan saus atau mayones rendah lemak. Hal ini akan meningkatkan asupan vitamin dan mineral tubuh serta mengurangi asupan kalori yang berlebihan.

 

  • Mengganti olahan buah berpemanis dengan buah segar

 

 

 

    1. Sering mengonsumsi buah yang ditambahkan dalam makanan, misalnya roti selai buah atau minuman dengan tambahan buah? Mulai sekarang gantilah konsumsi buah dengan buah utuh yang tidak menggunakan pemanis buatan. Sama dengan poin diatas, hal ini akan mengurangi asuan kalori berlebihan dan meningkatkan asupan vitamin serta serat.

 

  • Gantu grain biasa dengan whole grain

 

 

 

    1. Masih sering mengonsumsi roti atau olahan karbohidrat

refined grain

    1. ?

Refined grain

    1. memang lebih terlihat bersih dan menarik, namun dibandingkan dengan

whole grain

    1. kandungan gizi

grain

    1. biasa kalah jauh. Untuk itu ganti konsumsi roti putih biasa dengan roti dari gandum utuh atau tepung

whole grain

    1. .

 

  • Ganti camilan kacang-kacangan berpemanis buatan dengan kacang-kacangan utuh

 

 

 

    1. Ngemil kacang-kacangan memang terasa enak dan gurih, akan tetapi jika camilan kacang yang Anda konsumsi menggunakan pemanis, penambah rasa atau ada di dalam cokelat maka kalori dan asupan gula buatan dalam tubuh juga akan meningkat. Jika ingin camilan kacang, pilih kacang utuh dan gunakan bumbu secukupnya saja. Kacang mente, kacang kedelai merupakan pilihan snack berprotein yang baik.

 

  • Ganti minuman manis dengan minuman tanpa pemanis buatan

 

 

 

    Hampir semua minuman yang ada di pasaran memiliki rasa manis dan menggunakan pemanis buatan. Ganti konsumsi minuman manis dengan minuman tanpa pemanis, misalnya jus buah tanpa gula, air kelapa dan air putih.

Tips diatas merupakan cara mudah untuk memulai hidup sehat dengan pemilihan makanan yang tepat. Tips nomor berapa yang kira-kira tertarik untuk Anda coba?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi