Hidup di Pedesaan Kurangi Risiko Meninggal karena Kanker

pedesaan-doktersehat
Source: The Educated Shutter

DokterSehat.Com– Tinggal di daerah pedesaan memiliki banyak manfaatnya, dengan udara bersih, tenang, dan lingkungan yang lebih santai. Jika Anda melawan kanker di pedesaan, lokasi Anda juga dapat meningkatkan peluang bertahan hidup Anda secara signifikan.

Ada banyak hal mengagumkan tentang tinggal di kota besar, tapi ini bisa menjadi lingkungan yang jauh lebih penuh tekanan daripada lingkungan pedesaan dan bahkan di pinggiran kota.

Polusi udara hingga masalah utama di kota, telah dikaitkan dengan risiko penyakit pada payudara yang lebih besar, yang merupakan pendahulu kanker payudara. Bahkan suara kendaraan yang lewat telah dikaitkan dengan penambahan berat badan.

Perlu waktu lebih lama untuk membuat janji dengan dokter, dan Anda mungkin tidak mendapatkan total lung capacity (TLC) atau total kapasitas paru-paru dari dokter umum perkotaan, seperti yang Anda lakukan dari keluarga pedesaan.

Periset di University of Aberdeen mempelajari 926 pasien di Skotlandia dengan kanker usus, menggunakan database yang menghubungkan catatan dokter umum dengan data rutin untuk pasien yang didiagnosis menderita kanker usus antara tahun 1997 dan 1998. Para peneliti mengikuti pasien hingga 2011.

Seperti melansir Natural Society, mereka menemukan bahwa pasien kanker yang tinggal di daerah pedesaan 29 persen kemungkinan meninggal karena penyakit daripada mereka yang tinggal di kota. Peneliti utama Peter Murchie menyebut temuan tersebut sangat meyakinkan bagi populasi pedesaan.

Pada saat pasien kanker pedesaan mencari perawatan medis, gejalanya seringkali lebih serius, dibandingkan dengan pasien perkotaan. Namun, itu tidak berarti penyakit mereka lebih maju, Murchie dan rekan-rekannya menemukan. Dalam studi khusus ini, menunggu lebih lama sepertinya tidak membatasi kemungkinan bertahan hidup pasien kanker.

“Ini sesuai dengan gagasan stoisisme pedesaan dan pasien membutuhkan waktu lebih lama untuk bereaksi dan menunggu. Mereka hadir dengan gejala yang lebih serius, namun tidak ada bukti bagus bahwa mereka memiliki penyakit lebih lanjut,” kata Murchie.

“Orang-orang yang tinggal di pedesaan tersebut lebih cenderung memiliki hubungan dengan dokter mereka, dan ini tampaknya merupakan salah satu aspek bertahan hidup yang paling utama dalam kehidupan pedesaan,” Murchie menambahkan.

Jika Anda adalah penghuni perkotaan dan melihat dokter, Anda mungkin bisa membuktikan kenyataan yang tidak menguntungkan bahwa banyak praktik di perkotaan sama hebatnya dengan di pedesaan. Dan di daerah padat penduduk, yang secara fisik lebih dekat ke rumah sakit belum tentu “lebih baik” jika Anda harus menunggu berbulan-bulan untuk menjadwalkan janji bertemu.

Alasan potensial lain, kata Murchie. untuk kelangsungan hidup kanker yang meningkat adalah kekayaan. Pasien pedesaan cenderung lebih makmur daripada di daerah perkotaan. Faktor lain mungkin adalah cara yang lebih tradisional dari operasi dokter umum pedesaan.

“Sifat hubungan Anda dengan dokter umum Anda berbeda di daerah pedesaan. Anda lebih mungkin mengenal dokter umum secara sosial dan itu bisa membantu atau menghalangi tergantung pada gejala. Akses ke dokter umum pedesaan secara umum lebih mudah daripada bila Anda mendaftar di praktik perkotaan yang besar,” Murchie menambahkan.

Sementara Helen Stokes-Lampard, ketua Royal College of GPs di Inggris, mengatakan, “Ini mendorong bahwa penelitian ini menunjukkan dokter umum dan tim kami di daerah terpencil dan pedesaan mengatasi tantangan spesifik yang dihadapi mereka, dan memberikan perawatan kanker yang baik,”

“Ini harus meyakinkan pasien yang tinggal di daerah terpencil, atau memiliki waktu bepergian yang lebih lama ke praktik dokter umum setempat, bahwa kualitas asuhan yang mereka terima tidak terpengaruh,” tambahnya.