Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan kulit di bagian hidung menjadi lebih kering bahkan belang. Mulai dari penggunakan kosmetik, sabun wajah, terlalu banyak terpapar sinar matahari hingga cuaca yang terlalu dingin. Hal ini sudah pasti bisa mempengaruhi kepercayaan diri Anda, bukan? Untuk mengatasinya, sudah kami rangkumkan dari Boldsky.com beberapa solusi mudah untuk kulit kering pada hidung, seperti :

Hidung Kering Karena Ganti Musim, Ini Solusinya

1. Es batu

Di beberapa kasus kulit hidung kering, biasanya area hidung akan memerah dan juga gatal. Jika dibiarkan, ini akan menimbulkan iritasi. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan es batu. Caranya adalah bungkus es batu dengan handuk lalu oleskan di area yang kering. Demi hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan cara ini dua kali sehari setiap hari.

2. Petroleum Jelly

Sekarang ini petroleum jelly bisa ditemukan di mana saja termasuk di supermarket. Nah ternyata Anda juga bisa menggunakan petroleum Jelly untuk menghilangkan kulit kering pada hidung! Caranya sangat sederhana, cukup oleskan PJ ke area yang terkena. Pijat perlahan dan diamkan beberapa saat. Waktu paling tepat untuk melakukan tips ini adalah sebelum tidur dan di pagi hari.

3. Jangan berdiri terlalu lama di bawah shower

Berlama-lama di bawah shower memang menyenangkan apalagi dengan air hangat. Sayangnya jika terlalu lama, kulit bisa jadi kering. Ini disebabkan karena mandi yang berlebihan bisa mengikis minyak alami yang ada pada kulit. Waktu paling lama untuk mandi yang disarankan adalah 10 hingga 15 menit.

4. Jangan digaruk, pakai air hangat

Menggaruk kulit kering di area manapun bisa membuat makin parah. Tak Cuma lecet tapi Anda juga bisa iritasi hingga luka berdarah. Tak ingin ini terjadi tapi kulit kering begitu gatal? Anda bisa mengusap bagian kulit kering dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Ini akan membuat gatal terobati, kulit juga jadi tetap lembab.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

5. Pakai tabir surya

Jika kulit kering di hidung sudah sembuh, Anda bisa mulai membuat langkah pencegahan agar ini tak terulang lagi. Salah satunya adalah menggunakan tabir surya. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit dan SPF sesuai dengan kebutuhan. Kulit kering tak akan lagi datang mampir deh.

Tak sulit bukan mengatasi kulit kering pada hidung? Semoga tips-tips di atas bisa menyelesaikan masalah Anda ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi