Terbit: 31 Mei 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ketika hidung gatal, orang akan bersin satu atau beberapa kali. Terkadang setelah bersin, hidung yang tadinya gatal terasa lega. Akan tetapi, hidung masih gatal meskipun telah bersin beberapa kali.

13 Penyebab Hidung Gatal dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Jika Anda sudah bersin-bersin tetapi hidung masih gatal, maka penyebab hidung gatal Anda adalah hal lain yang lebih serius seperti alergi, penyakit, tumor, dan lainnya. Oleh karena itu, yuk simak beberapa penyebab dan cara mengatasi hidung gatal.

Penyebab Hidung Gatal

Mungkin Anda heran kenapa hidung gatal dan membuat Anda bersin bahkan hingga beberapa kali bersin?

Inilah beberapa penyebab hidung gatal mulai dari penyebab ringan hingga berat:

1. Pilek

Hampir semua orang pernah merasakan pilek termasuk Anda bukan? Apakah Anda menyadari bahwa setiap pilek, hidung Anda akan terasa gatal? Ketika Anda mengalami pilek karena alasan tertentu, maka hidung Anda akan langsung terasa gatal dan bersin-bersin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Benda asing

Penyebab hidung gatal bisa juga karena masuknya benda asing ke dalam hidung. Anak-anak kecil sering mengalami ini sehingga hidungnya terasa gatal. Beberapa benda asing yang biasanya masuk ke dalam hidung seperti serangga, pasir, makanan atau minuman serbuk, dan lainnya.

3. Hidung kering

Ada kalanya udara menjadi kering, sehingga membuat hidung Anda menjadi kering. Keringnya hidung bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit termasuk hidung menjadi gatal. Selain karena udara, hidung bisa menjadi kering karena terapi obat tertentu.

4. Virus atau kuman

Tidak menutup kemungkinan Anda untuk terinfeksi virus penyebab flu. Virus ini biasanya akan menyebabkan Anda pilek dan sensasi gatal pada hidung. Anda juga akan mengalami hidung gatal dan bersin-bersin karena kuman. Bersin-bersin bisa membantu mengeluarkan kuman di dalam hidung.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Rumah dari Wabah Flu agar Terhindar dari Hidung Gatal

5. Migrain

Migrain tidak hanya memiliki gejala berupa sakit kepala sebelah. Orang yang terkena migrain akan mengalami sensasi gatal pada hidungnya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami migrain jangan heran bila hidung gatal dan bersin-bersin.

6. Iritasi

Ada banyak hal di lingkungan sekitar yang bisa mengiritasi saluran hidung. Kondisi ini disebut juga sebagai rhinitis non-alergi. Beberapa iritan yang bisa menjadi penyebab hidung gatal di antaranya adalah asap, produk pembersih, parfum, dan produk semprotan.

7. Paresthesia

Penyebab hidung gatal juga bisa dikarenakan parethesia. Parathesia adalah kondisi di mana saraf di hidung mengalami tekanan atau kerusakan. Jika tidak segera ditangani bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih parah,

8. Alergi

Apakah Anda memiliki riwayat alergi? Tubuh yang memiliki hipersensitivitas terhadap sesuatu akan mengalami reaksi alergi ketika kontak terhadap alergen tersebut. Salah satu tanda reaksi alergi adalah pilek yang memicu hidung gatal.

9. Sinusitis

Sinusitis atau radang pada rongga yang saling terhubung di dalam tulang kepala juga bsia mengakibatkan hidung gatal. Biasanya, Anda akan merasakan gatal pada hidung dalam waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

10. Polip hidung

Sinusitis kronis bisa berkembang menjadi polip hidung karena tidak segera ditangani. Polip hidung adalah benjolan berukuran kecil bersifat non-kanker yang ada di sekitar rongga hidung. Orang yang memiliki polip hidung akan merasa gatal pada hidungnya. Penderita asma atau hipersensitivitas juga bisa mengalami polip hidung.

11. Tumor hidung

Adanya tumor di dalam hidung juga bisa menjadi penyebab hidung gatal. Tumor hidung bisa bersifat jinak dan juga bisa bersifat ganas (kanker). Tetaplah menjaga kesehatan hidung Anda meskipun kanker saluran hidung jarang terjadi.

12. Herpes prodromal

Penderita herpes prodromal memiliki salah satu gejala berupa hidung gatal. Virus herpes prodromal akan mengakibatkan luka di dalam hidung, sehingga menyebabkan rasa gatal.

13. Mesin untuk sleep apnea

Hidung gatal juga sering dijumpai pada penderita sleep apnea. Hal ini dikarenakan penggunaan mesin pembantu pernapasan, yaitu mesin Continuous Positive Airway Pressure (CPAP). Mesin tersebut bisa menyebabkan hidung gatal.

Cara Mengatasi Hidung Gatal

Orang yang hidungya sedang gatal tentunya akan merasakan beberapa ketidaknyamanan dan rasa nyeri. Oleh karena itu, hidung gatal perlu diatasi segera agar Anda tidak merasakan ketidaknyamanan terlalu lama.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hidung gatal:

1. Hindari pemicu alergi

Jika Anda memiliki alergi, maka cara mengatasi hidung gatal adalah dengan menghindari hal yang menjadi pemicu alergi. Contoh, penderita alergi debu sebaiknya menghindari tempat-tempat berdebu.

2. Istirahat yang cukup

Kecukupan waktu untuk istirahat memengaruhi waktu penyembuhan dari flu. Oleh karena itu, Anda memerlukan istirahat yang cukup jika ingin segera mengatasi hidung gatal.

3. Memperbanyak konsumsi air

Orang yang sedang mengalami hidung gatal perlu memperbanyak konsumsi air putih. Konsumsi air yang cukup akan membuat tubuh tetap terhidrasi, sehingga mampu melawan infeksi virus.

4. Meningkatkan imunitas

Tingkatkanlah sistem kekebalan tubuh Anda sebagai cara mengatasi hidung gatal. Beberapa cara untuk meningkatkan imunitas bisa dilakukan dengan mengonsumsi menu sehat bergizi, madu, jeruk, dan makanan kaya antioksidan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen makanan tertentu.

Baca Juga: 10 Makanan Peningkat Sistem Imun Saat Musim Hujan

5. Menggunakan pelembab udara

Cara mengatasi hidung gatal bisa dilakukan dengan mengugnakan humidifier atau pelembap udara. Pelembap udara bisa meningkatkan kelembapan udara, sehingga udara tidak menjadi kering.

6. Saltwater Nasal Spray

Anda bisa menggunakan cairan berupa saltwater nasal spray untuk mengatasi hidung gatal. Cairan semprot ini mudah dibuat di rumah yakni dengan merebus 1 liter air, dinginkan sebentar, tambah 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh soda kue. Larutan tersebut bisa membuat hidung tetap terhidrasi.

7. Minum obat

Cara mengatasi hidung gatal bila dikarenakan flu adalah dengan minum obat. Dengan minum obat golongan dekongestan, maka hidung Anda tidak gatal lagi.

8. Tindakan operasi

Penyebab hidung gatal yang dikarenakan polip hidung atau tumor jinak memerlukan tindakan pengobatan dengan operasi. Tujuan operasi adalah mengangkat polip atau tumor tersebut.

9. Kemoterapi

Sudah disampaikan sebelumnya bila kanker saluran hidung bisa membuat hidung gatal. Cara mengatasi hidung gatal yang dikarenkan kanker adalah dengan melakukan kemoterapi (selain operasi) agar sel-sel kanker tersebut mati.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi