Benarkah Herpes Tidak Akan Bisa Hilang dari Tubuh?

Photo Source: Flickr/Rosemarie voegtli

DokterSehat.Com– Sekali saja kita terkena herpes, maka virus ini akan bertahan pada tubuh sehingga akan bisa muncul di waktu-waktu lainnya. Anggapan tentang herpes ini diyakini oleh banyak orang, namun, apakah tidak ada cara yang bisa dilakukan demi menghilangkan herpes dari tubuh?

Dilansir dari Asiaone, herpes bisa muncul di berbagai bagian tubuh, baik itu kulit, organ vital, atau bahkan mulut. Herpes bisa memicu gatal-gatal sekaligus rasa sakit. Bagi sebagian orang, herpes juga bisa membuat rasa malu, apalagi jika muncul di bagian kulit yang mudah dilihat orang lain seperti wajah atau telapak tangan.

Pakar kesehatan Dr. Coni Liu dari DSC Clinic menyebutkan bahwa herpes yang disebabkan oleh virus herpes simpleks bisa memicu kulit yang melepuh, erosi pada rongga mulut, hingga organ vital. Seringkali, infeksi herpes memang cenderung tidak bisa diobati dan hanya bisa dihilangkan gejalanya. Hanya saja, hal ini juga bergantung pada kondisi sistem imun tubuh secara keseluruhan.

Jika herpes pertama kali menunjukkan gejala pada seseorang, dampaknya biasanya sangat parah, namun, herpes yang muncul untuk kedua kali dan seterusnya biasanya memiliki gejala yang lebih ringan meskipun tetap saja bisa memicu rasa sakit.

Sayangnya, anggapan bahwa herpes tidak bisa disembuhkan ternyata benar adanya. Sekali kita terpapar virus ini dan meskipun bisa menyembuhkan gejalanya, maka kita hanya akan tinggal menunggu kapan herpes menyerang di masa depan meskipun. Beruntung, dengan menerapkan gaya hidup sehat, khususnya dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap dalam kondisi yang baik, maka kita bisa mencegah datangnya gejala herpes.