Terbit: 8 Februari 2022 | Diperbarui: 9 Februari 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Ada banyak manfaat akar kuning yang bagus untuk mengobati masalah kesehatan. Ini karena akar kuning memiliki berbagai kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak daftar manfaatnya di bawah ini.

7 Manfaat Akar Bajakah Kuning, Kandungan, dan Cara Membuat

Kandungan Akar Kuning untuk Kesehatan

Akar kuning atau Fibraurea chloroleuca, adalah tanaman asli dari Kalimantan. Tanaman herbal ini telah digunakan untuk pengobatan, karena memiliki kandungan senyawa kimia aktif alami di dalamnya.

Berikut ini kandungan tanaman akar kuning:

  • Fibaruretin B (dengan nama sistematik: 2ß,3?-dihydroxy-2, 3, 7, 8? – tetrahydropenlanthic acid lactone)
  • C20H24O7
  • Furanoditerpenold.
  • Empat furanoditerpene baru, 6-hydroxyarcangelisin (la), 2-dehydroarcangelisinol (2), tinophyllol (3a), dan 6-hydroxyfibleucin (4b), diisolasi dari Arcangelisia flava.
  • Fibraurin (5a), 6-hydroxyfibraurin (5d), dan fibleucin (4a).
  • Bagian akar mengandung alkaloid, fenolhidrokuinon, steroid, tanin, dan saponin.
  • Ekstrak batang menghasilkan berberlne, palmatine, jatrorrhizine, dlhydroberberine, dan 20-hydroxyecdysone.

Manfaat Akar Bajakah Kuning

Akar kuning adalah tanaman jenis liana, yaitu yang bagian dalam akar dan batangnya berwarna kuning. Tanaman ini  tumbuh merambat liar ke tumbuhan lainnya. Berkat berbagai kandungan di dalam batangnya, akar kuning memiliki banyak manfaat untuk pengobatan.

Berikut ini berbagai manfaat akar kuning:

1. Mengobati hepatitis

Senyawa aktif dalam akar kuning dapat membantu mengobati hepatitis atau biasa disebut penyakit kuning. Senyawa aktif bernama hepatoprotektor, dapat memperbaiki fungsi hati yang mengalami kerusakan dan memulihkannya dengan cepat.

Akar kuning sudah biasa digunakan untuk mengobati hepatitis oleh masyarakat Kalimantan. Cara mengonsumsinya dengan meminum air rebusan potongan akar kuning.

Setelah mengonsumsinya selama sekitar seminggu atau dua minggu, rata-rata penderita penyakit hepatitis sembuh total. Meski begitu, belum banyak penelitian tentang khasiatnya untuk hepatitis.

2. Mengobati malaria

Menurut peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB), kandungan senyawa alkaloid dalam akar kuning berkhasiat sebagai anti malaria. Rasa pahit dari akar ini dihasilkan dari senyawa alkaloid. Sifat kimia dari akar kuning yang paling penting adalah kebasaannya.

Itulah alasan mengapa masyarakat Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat menggunakan tanaman herbal akar kuning untuk mengobati penyakit malaria.

3. Menangkal racun

Manfaat akar kuning juga dapat menghilangkan racun misalnya akibat gigitan ular berbisa, serangan halilipan, sengatan kalajengking, atau tertusuk tumbuhan hutan yang memiliki racun.

Suku etnis dayak Kalimantan sudah biasa menggunakan akar kuning untuk mengobati orang yang terkena santet yang berupa racun agar cepat sembuh.

Untuk, menangkal racun, masyarakat dayak biasanya meminum air rebusan akar kuning atau air rebusannya dioleskan pada bagian yang terkena sengatan bisa.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa senyawa yang terkandung dalam akar kuning adalah berberin, merupakan alkaloid yang telah lama digunakan sebagai obat.

Jenis senyawa bioaktif yang dapat dikenali adalah 8-oksoprotoberberin. Berberin memiliki aktivitas sebagai imunostimulan dengan meningkatkan kemampuan makrofag untuk membunuh bakteri dalam tubuh.

5. Pengobatan alergi

Selain meningkatkan imun, penelitian telah menemukan bahwa senyawa berberin dapat meningkatkan produksi interleukin-12, yang merangsang aktivitas imunoregulasi dengan menghambat profil sitokin T helper-2 dalam sel CD4+.

Penemuan tersebut membuktikan bahwa tanaman yang mengandung berberin dapat digunakan sebagai terapi penyakit alergi, khususnya penyakit imun yang diperantarai sel T helper tipe 2.

6. Mengobati diabetes

Manfaat akar kuning bajakah dapat mengobati diabetes mellitus alias kencing manis, karena akar ini memperbaiki organ pankreas yang terganggu, letak pankreas adalah di organ hati.

Pankreas berfungsi untuk memproduksi hormon insulin dalam tubuh agar kadar gula di dalam darah tidak terlalu banyak. Jika produksi hormon insulin di pankreas terganggu, maka dapat mengakibatkan kadar gula darah tinggi atau diabetes.

7. Kanker

Khasiat tanaman akar kuning juga sebagai antikanker. Hal ini karena senyawa aktif di dalam akar kuning memiliki zat antikanker yang sangat baik untuk menghambat pertumbuhan dan mematikan sel kanker, terutama kanker hati.

Baca Juga: Fakta Tanaman Bajakah, Penyembuh Kanker dari Hutan Kalimantan

Cara Menggunakan Akar Kuning

Untuk mendapatkan manfaat akar bajakah kuning, ketahui cara membuat ramuan dari bahan herbal ini. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Siapkan beberapa potong akar kuning (sekitar 4-6 potong atau secukupnya).
  2. Sediakan 2 gelas berukuran sedang.
  3. Rebus 2 gelas air dalam panci.
  4. Masukkan beberapa potong akar kuning ke dalam panci berisi air yang direbus. Tunggu sampai air yang direbus tersisa 1 gelas.
  5. Minum air rebusan akar kuning sebanyak 3 kali sehari setiap habis makan. Sebaiknya pada pagi, siang, dan malam hari. Jika pasien menggunakan obat resep dokter, sebaiknya beri jeda waktu 2 jam untuk meminum ramuan akar kuning. Minum obat resep dokter terlebih dahulu, baru minum obat herbal akar kuning.
  6. Jika air rebusan akar kuning tidak berwarna dan tidak berasa, berarti khasiat potongan akar ini sudah habis dan kembali menggunakan potongan akar yang baru.

Baca Juga: 15 Manfaat Akar Teratai, Kandungan Nutrisi, dan Cara Mengolahnya

Itulah beragam manfaat akar bajakah kuning yang bisa anda dapatkan. Meski begitu, khasiatnya masih memerlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan kemampuannya sebagai tanaman obat. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2015. Akar Kuning, tanaman penambah daya tahan tubuh dari Kalimantan. http://kaltim.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=679:akar-kuning-tanaman-penambah-daya-tahan-tubuh-dari-kalimantan&catid=4:info-aktual&Itemid=5 (Diakses pada 8 Februari 2022)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Khasiat Akar Kuning Kalimantan Untuk Kesehatan. https://balitbangkota.palangkaraya.go.id/khasiat-akar-kuning-kalimantan-untuk-kesehatan/ (Diakses pada 8 Februari 2022)
  3. Chabib, Lutfi et al. 2018. Potential medicinal plants for improve the immune system from Borneo Island and the prospect to be developed as nanomedicine. https://www.researchgate.net/publication/323451149_Potential_medicinal_plants_for_improve_the_immune_system_from_Borneo_Island_and_the_prospect_to_be_developed_as_nanomedicine (Diakses pada 8 Februari 2022)
  4. Marpaunga, Mauritz P dan Desti Wulan H. 2018. The effect of solvent concentration on antioxidant activity of akar kuning (Fibraurea chloroleuca Miers) extract. https://aip.scitation.org/doi/abs/10.1063/1.5082504#:~:text=Akar%20kuning%20(Fibraurea%20chloroleuca%20Miers)%20is%20a%20traditional%20medicinal%20plant,kind%20and%20concentration%20of%20solvent. (Diakses pada 8 Februari 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi