Heran Dengan Warna Kulit Kelamin atau Puting Lebih Gelap Dari Warna Kulit Tubuh? Ini Alasannya

infeksi vagina doktersehat

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, warna kulit organ vital kita cenderung lebih gelap daripada warna kulit seluruh tubuh. Hal yang sama juga berlaku pada warna puting dada kita. Apa sebenarnya penyebab dari perbedaan warna ini?

Memang, setiap ras manusia memiliki kecenderungan warna puting dan organ vital yang berbeda. Hanya saja, ada kecenderungan bagian tubuh tersebut memang memiliki warna yang lebih gelap. Hal ini ternyata terkait dengan keberadaan hormon seksualitas yang sudah diproduksi oleh tubuh sejak kita mengalami masa pubertas. Hormon-hormon ini merangsang produksi melanin, semacam asam amino yang berperan besar dalam mempengaruhi warna rambut dan kulit. Melanin inilah yang kemudian menyebabkan warna kulit puting dada dan organ vital kita menjadi lebih gelap.

Dr. Lindsey Bordone menyebutkan bahwa secara alami, puting gadis remaja masih cenderung berwarna lebih terang. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, bertambah pula produksi hormon seks layaknya hormon estrogen yang akan membuat puting dada mereka menjadi lebih gelap. Hal yang sama terjadi pada pria dimana produsi hormon testosteron mempengaruhi melanosit, sel kulit yang mempengaruhi produksi melanin yang mempengaruhi warna kulit, khususnya kulit penisnya.

Tak hanya karena faktor hormon, ada baiknya kita juga mewaspadai masalah diabetes jika warna kulit di bagian organ vital terlihat jauh lebih gelap dari sebelumnya. Dr. Lindsey menyebutkan bahwa kondisi diabetes bisa memicu penggelapan warna kulit pada bagian organ vital karena adanya pengaruh kadar gula yang tinggi di dalam tubuh.

Jadi, sudah tahu kan mengapa bagian tubuh tersebut cenderung cukup gelap? Meskipun secara umum tidak perlu dikhawatirkan, ada baiknya kita waspada jika ada perubahan warna kulit secara tiba-tiba menjadi lebih gelap dan segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter karena bisa jadi hal ini disebabkan oleh diabetes.